Gempa M 7,1 di Lombok Utara Selasa Dini Hari Terasa di Banyuwangi

by -215 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.comGempa bumi magnitudo (M) 7, 1 mengguncang wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada Selasa (29/8) pukul 02.55 WIB dini hari.

Gempa yang berada di koordinat 6,94 derajat Lintang Selatan dan 116,57 derajat Bujur Timur dengan sumber gempa di kedalaman 525 kilometer ini juga turut dirasakan di Banyuwangi dan wilayah Jawa Timur lainnya.

iklan aston

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di laman resminya, Selasa (29/8/2023).

Meski begitu, guncangan yang cukup dirasakan tersebut membuat warga di Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi terbangun dari tidurnya. Khususnya warga yang memelihara burung di rumahnya.

Tejo, salah satu warga Banyuwangi mengaku awalnya tidak sadar jika ada gempa. Karena pada Selasa dinihari itu ia terbangun karena suara ribut burung peliharaannya. “Burung saya seperti gusar dan takut. Nabrak-nabrak kandang kurungan. Saya kira ada maling atau kucing yang masuk. Setelah lihat smartphone, eh ternyata gempa,” kata Tejo.

Berdasarkan rilis BMKG, gempa tersebut dirasakan di Kuta dengan skala V (MMI), gempa dirasakan pula di Gianyar, Denpasar, Waingapu, dan Lombok dengan skala IV (MMI), kemudian getaran gempa juga dirasakan di Karangkates dengan skala antara III hingga IV (MMI), selanjutnya gempa dirasakan di Kuta Selatan, Tabanan dan Trenggalek dengan skala III (MMI). Gempa Lombok Utara ini juga dirasakan di Trenggalek, Bantul, dan Blitar dengan skala II (MMI).////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.