Berkostum Unik, Warga Kampung Kanalan Lateng Banyuwangi Semarakkan Kemerdekaan Dengan Upacara Bendera

by -414 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Upacara bendera pun digelar setiap tanggal 17 Agustus di seluruh penjuru negeri.

Tak ketinggalan, warga Lingkungan Kebun Jeruk (Kampung Kanalan), Kelurahan Lateng, Banyuwangi juga turut melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/08/2023). Meski digelar di kampung, upacara tetap berjalan hikmat namun tetap menyenangkan.

--

Dengan memakai pakaian unik, seperti pakaian adat, seni jaranan, kebo-keboan dan bertema pahlawan, ratusan warga Kampung Kanalan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua beramai-ramai menuju lapangan setempat. Mereka terlihat antusias mengikuti upacara.

Karena berada di kampung, selain peserta, petugas upacara adalah muda mudi lingkungan setempat. Mulai dari pengibar bendera hingga pemimpin upacara.

Bambang, Ketua RW setempat yang juga menjadi pembina upacara menjelaskan bahwa, melalui upacara kemerdekaan ini, dirinya berharap warga bisa kembali mengenang jasa para pahlawan yang telah membebaskan Bangsa Indonesia dari penjajahan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

“Upacara bendera tingkat RW ini juga untuk mengingatkan warga kita di Kampung Kanalan Lingkungan Kebun Jeruk, bahwa 78 tahun lalu bangsa kita telah dinyatakan merdeka yang diproklamasikan oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta,” kata Bambang.

Ia pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada warga setempat yang sangat antusias mengikuti kegiatan upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang telah digelar setiap tahun tersebut.

Mul salah satu warga mengaku sangat senang mengikuti upacara bendera tersebut. Dengan menggunakan kostum kebo-keboan, ia menginginkan peringatan tersebut berlangsung meriah. “Ini saya pakai kostum kebo-keboan. Saya ingin upacara bendera ini lebih meriah,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Bima salah warga yang mengenakan kostum jaranan Buto Gimbal. “Saya harapkan upacara bendera tahun depan lebih ramai lagi,” ucapnya.

Usai upacara, para peserta diberikan hadiah doorprize bagi mereka yang berkostum unik yang dilanjutkan dengan pagelaran seni jaranan dan berbagai perlombaan. Pada malam harinya, warga Lingkungan Kebun Jeruk juga menggelar Selamatan Kampung.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.