350 Lebih Peserta Mengikuti Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge

by -1128 Views
Rapat Persiapan Banyuwangi Blue Fire Ijn Chalengge Tahun 2023 di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Ratusan pecinta dan penghobi olahraga sepeda akan mengikuti Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge Tahun 2023 yang menempuh jarak 46,6 kilometer dan melakukan start di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi pada Sabtu (29/07/2023).

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kabupaten Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi dalam pelaksanaan Blue Fire Ijen Challenge tahun ini diikuti lebih dari 350 peserta yang berasal dari seluruh wilayah nusantara. Mulai DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Gorontalo dan Papua serta beberapa provinsi lain di Indonesia.

iklan aston

Untuk itu lanjut Azis, pihaknya berharap masyarakat Banyuwangi bisa menyambut para tamu dengan keramahan dan persahabatan khas masyarakat Banyuwangi yang selama ini terkenal ramah tamah dan bersahabat di mata wisatawan asing maupun wisatawan Nusantara.

“Ini merupakan ajang sport tourism yang digagas oleh pemerintah Banyuwangi. Untuk itu kami minta maaf kepada masyarakat barangkali dalam pelaksanaan nanti ada sebagian warga yang sedikit terganggu kelancaran dalam aktivitas setiap hari. Khususnya di jalan-jalan yang dilalui oleh peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge,” jelas Abdul Aziz di kantor Dispora Banyuwangi pada Jumat (28/07/2023).

Mantan Kepala Kespbangpol Banyuwangi itu menuturkan para peserta akan membuktikan dirinya sebagai King Of Mountain (KOM) bagi pembalap putra dan Queen Of Mountain (QOM) untuk pembalan putri. Peserta akan berlomba memenuhi tantangan untuk menaklukan tanjakan sekitar kawasan Gunung Ijen yang terkenal di kalangan pebalap sepeda dunia.

Adapun kategori race yang dilombakan dalam Banyuwangi Blue Fire Ijen Chalenge untuk kelompok putri atau Women QOM; Women Elite, Kelompok usia 30 – 34 tahun, usia 35 – 39 tahun dan kelompok di atas 40 tahun, imbuh Aziz.

Sedangkan kelompok putra atau Men KOM, lanjut Kadispora Banyuwangi, kategori yang dilombakan adalah; Men Elite, usia 25 – 29 tahun, kelompok usia 30 – 34 tahun, usia 35 – 39 tahun, kelompok 40 – 44 tahun, usia 45 – 49 tahun, kelompok usia 50 – 54 tahun, kategori usia 55 – 59 tahun dan kelompok usia diatas 60 tahun.

Menurut Abdul Aziz, peserta rencananya akan dilepas oleh Bupati Banyuwangi Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi pada pukul 06.00. Kemudian bersepeda bersama melalui wilayah kota Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Singojuruh, Giri dan menuju titik Pits Stop di kantor Pemkab Banyuwangi.

Selanjutnya para peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen Chalenge Tahun 2023 akan melakukan start dari kantor Pemkab Banyuwangi berdasarkan kategori race yang sudah ditetapkan.

Para peserta akan memulai lomba dari titi start KOM Gapura Geopark Ijen di kecamatan Glagah dan menuju ke titik finish di pendakian Gunung Rante kecamatan Licin Banyuwangi.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.