KPU Situbondo: Dari 4 Parpol Pendaftar Bacaleg 1 Parpol Dinyatakan Belum Lengkap 

by -864 Views
Wartawan: Kadari
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo menerima secara resmi 4 Parpol diantaranya, PBB, PKB, PPP dan Gerindra pendaftar bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk pemilihan Legislatif pada Pemilu 2024.

Dari 4 Parpol pendaftar bacaleg 1 di antaranya yaitu PPP Situbondo dinyatakan belum lengkap oleh KPU Situbondo. Sabtu, (13/05/2023).

iklan aston

Iwan Suryadi divisi teknis penyelenggaraan mengatakan, jika PPP yang dinyatakan belum lengkap dan berkasnya dikembalikan. Pihak KPU Situbondo akan menunggu sampai akhir batas waktu yakni besok Minggu tepatnya pukul. 23.59 WIB, dan apabila masih juga belum memenuhi, maka parpol tersebut dianggap tidak memenuhi syarat dan tidak bisa menjadi peserta pemilu 2024.

“Ini masih ada waktu sampai dengan hari Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB. Kalau masih menunggu sampai akhir batas waktu yakni besok hari minggu tepatnya pukul. 23.59 WIB, dan apabila masih juga belum memenuhi, maka parpol tersebut dianggap tidak memenuhi syarat dan tidak bisa menjadi peserta pemilu 2024,” jelasnya.

Lanjut Iwan menyampaikan sampai hari ini, dari 17 partai politik peserta pemilu 2024 di Kabupaten Situbondo yang ada kepengurusannya tersebut, ada 8 Parpol yang sudah mendaftar ke KPU Situbondo dan pengajuan persyaratannya dinyatakan lengkap dan benar. Sisanya 9 Parpol karena ada satu Parpol tidak mempunyai kepengurusan yaitu partai Buruh.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Situbondo, Zeiniye, menjelaskan kepada awak media, jika berkas pendaftaran PPP Situbondo diterima oleh KPU, kemudian dilakukan proses pencocokan dan penelitian yang memakan waktu hingga hampir 3 jam dan berkas pendaftaran Bacaleg PPP Situbondo kemudian dinyatakan tidak lengkap dan dikembalikan, karena satu dokumen mengalami kendala akibat gangguan server dari DPP PPP Pusat.

“Kami sudah mempersiapkan dengan maksimal, namun dalam pendaftaran itu tidak hanya dokumen fisik yang harus dilengkapi, tapi juga digital, jadi harus ada pengecekan terlebih dahulu,” jelas Zainiye kepada beberapa awak media.

Lebih lanjut, ketua DPC PPP Situbondo itu menuturkan, sejatinya pihak PPP dapat menyelesaikan pendaftaran secara langsung namun terkendala oleh waktu dan partai politik lain yang sedang menunggu giliran pendaftaran.

“Setelah diskusi bersama dan juga menghormati partai politik lain dan rekan komisioner KPU, kami akhirnya sepakat untuk mengurus kembali berkas yang terkendala pada besok pagi hari minggu. Untuk target pencapaian kursi dalam pemilu legislatif 2024, kami menargetkan 17 kursi,” tutupnya. /////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.