Beda dengan Sebelumnya, Tahun ini Ritual Adat Seblang Olehsari Penari Lakukan Ritual Mandi di Rowobayu

by -1197 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Kepala desa (Kades) bersama tokoh adat desa Olehsari kecamatan Glagah Banyuwangi siang tadi berkunjung ke rumah penari seblang dan rencana sekitar jam 11.00 bersama-sama berangkat ke Rowobayu Songgon untuk melakukan ritual.

Menurut Kades Olehsari Joko Mukhlis, sesuai petunjuk yang datang, penari seblang agar mandi di sana untuk mensucikan diri atau melakukan ritual disana. “Mungkin berbeda dengan seblang sebelumnya berbeda namun perbedaan yang ada ini tidak mengurangi nilai sakral dan hikmah pelaksanaan adat istiadat dan budaya yang turun temurun desa Olehsari,” jelas Joko di rumahnya pada Kamis (20/04/2023).

iklan aston

Selanjutnya alumni SMA Katolik Hikmah Mandala Banyuwangi itu menuturkan harapannya sesuai yang diskusi dengan leluhur kami, karena ritual seblang adalah wujud syukur dan hajatnya masyarakat desa Olehsari.

”Yang kami inginkan dari pemerintah desa dan warga masyarakat selamat selamat dan selamat. Dijauhkan dari segala macam balak bencana dan segala macam penyakit dan dari apapun yang kiranya tidak baik. Kita selalu diselamatkan dan mudah-mudahan Olehsari selalu diberikan perlindungan dan keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” tambahnya.

Untuk kegiatan ritual adat seblang tahun 2023, lanjut Joko sudah melalui persiapan yang cukup matang, meskipun agendanya diluar ekspektasi dari orang adat dan panitia pelaksana.

Kegiatan ritual adat seblang Olehsari akan dimulai pada Lebaran ketiga. Misalkan pemerintah menetapkan Lebarannya Sabtu berarti hari Senin akan dimulai. Kalau Lebaran Jumat pun gelaran ritual adat masyarakat desa Olehsari dimulai hari Senin.

Kades Olehsari menambahkan dukubgan dan bantuan dari SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Banyuwangi termasuk Forpimka Glagah mulai Camat, Danramil dan Kapolsek yang sudah memberikan arahan kepada beberapa tokoh adat perwakilan tokoh adat, keamanan dan para pedagang serta RT RW yang hadir dalam pertemuan yang digelar di kantor desa semalam.

“Dalam pertemuan tadi malam juga sudah ada paparan dari teman-teman panitia juga arahan dari Kapolsek, camat juga Danramil dan perwakilan Dinas Kenudayaan dan Pariwisata Banyuwangi,” ujar Joko.

Persiapan pelaksanaan kegiatan ritual adat Seblang Olehsari untuk tempat dan kebutuhan yang lain-lain sudah disiapkan semuanya. Termasuk tenda-tenda kerucut yang disiapkan rencana hari Minggu juga sudah siap di lokasi, pungkas Joko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.