Wakil Ketua DPRD Banyuwangi; Dalam Suasana Bulan Ramadan Harga Gabah Turun 

by -450 Views
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi,Ruliyono (paling kanan) saat mengikuti Rapat Paripurna Dewan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi
iklan aston

 Banyuwangi, seblang.com – Bulan bulan Ramadan pada dasarnya merupakan kesempatan para petani untuk mendapatkan hasil usahanya, termasuk para petani padi. Di sisi lain dengan adanya penurunan harga gabah saat ini dinilai sebagai antitesa dan aneh.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono kepada sejumlah wartawan di ruang wakil ketua DPRD Banyuwangi.

iklan aston

“Saat ini semua kebutuhan banyak diserap oleh masyarakat dan volume kebutuhan menambah. Seharusnya beras ini sesuai dengan hukum dagang apabila stoknya sedikit maka harganya mahal,” jelas Ruli.

Apabila persediaan beras milik Bulog masih banyak, itu perlu dipastikan. Beras itu diambil dari lokal atau justru impor.”Itu perlu dipastikan,” tegasnya

Sebab apabila tidak terkontrol, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan inflasi yang berimbas pada harga jual komoditi lainnya.”Perlu dipikirkan bagaimana harga ini tidak sampai merugikan petani,” pintanya.

Informasi yang ada di lapangan saat ini harga gabah dari petani yang semula Rp 6 ribu per kilogram turun menjadi Rp 5,8 ribu per kilogramnya. Hal itu dinilai memberatkan petani, sebab penurunan harga terjadi menjelang lebaran.

“Kalau saya yang jelas prihatinm karena seharusnya bulan puasa ini kesempatan petani untuk meraup hasil,” ungkap Ruli.

Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi itu menuturkan melihat kondisi yang ada saat ini menjadi tugas Bulog dan Dinas Pertaninan Kabupaten Banyuwangi untuk memantau perkembangan harga-harga produk pertanian.

Ruliyono mengaku prihatin dalam suasana bulan Ramadan, seiring meningkatnya kebutuhan beras selama ramadan dan lebaran, seharusnya cukup untuk mendongkrak harga jual beras.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong eksekutif mencari solusi dan melakukan langkah kongkrit untuk menyetabilkan harga jual gabah dan memastikan supaya jangan sampai merosot./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.