Stok Daging Ayam Telur dan Daging Sapi di Banyuwangi di Bulan Ramadhan Dipastikan Aman

by -317 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Persediaan atau stok daging ayam di kabupaten Banyuwangi dalam bulan Ramadhan sampai dengan lebaran dipastikan aman bahkan surplus 10,133 ton. Sedangkan ayam petelur menjelang puasa sampai Lebaran surplus lebih dari 600 ribu ton.

Menurut Kepala Dinas Pertanian kabupaten Banyuwangi melalui Kabid Budidaya dan Usaha Peternakan Abdurrozak, meskipun persediaan surplus namanya harga pasar pada saat menjelang bulan Ramadhan (prepegan) harga pasti meningkat.”Karena itu harga tradisi bukan karena suplay demand yang tidak seimbang tetapi lebih pada harga momentum,” jelas di depan Ruang Rapat Komisi III DPRD Banyuwangi pada Jumat (24/03/2023).

iklan aston

Menurut dia, sebagian pedagang memanfaatkan untuk menaikan harga karena permintaan di pasaran tinggi sehingga mereka menahan stoknya dan tidak mengeluarkan semua sehingga mendapatkan keuntungan lebih.

Untuk sapi potong, lanjut Alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu, tahun 2023 sampai Maret Banyuwangi surplus 4.681 ton.

Dia menuturkan dalam beberapa waktu terakhir daging sapi harga dipasaran tetap tetapi harga sapinya mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena daya beli masyarakat yang berkurang sebagai salahsatu dampak pandemi Covid 19 yang lalu dan kelangkaan pupuk yang berimbas menurunnya harga sapi.

“Ketika perekonomian masyarakat khususnya petani melemah maka minat masyarakat untuk membeli bakso berkurang. Sedangkan sekitar 80 persen daging sapi terserap untuk memenuhi permintaan pedagang bakso. Ketika bakso kurang laku di masyarakat menyebabkan harga sapi kurang bagus,” imbuh Abdurrazak.

Lebih lanjut dia menambahkan sampai minggu keempat Maret 2023, untuk ayam petelur stok di Banyuwangi sekitar 125 ribu ton sementara kebutuhan sekitar 122 ton. Sedangkan untuk stok telur sampai saat ini sekitar 387.045 ton sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.