Plt. Kadis PU CKPP Banyuwangi : E-Katalog di Banyuwangi Tidak Ada Monopoli

by -931 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Kabupaten Banyuwangi, Danang Hartanto, menegaskan bahwasanya pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog tak perlu dipersoalkan.

Hal ini ia sampaikan di depan forum hearing yang dilaksanakan di ruang khusus DPRD Banyuwangi, Senin (27/2/2023).

iklan aston

“Tidak ada monopoli, karena prosesnya semuanya transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi,” kata Danang saat hearing dengan Puskaptis Banyuwangi yang juga dihadiri Komisi IV DPRD Banyuwangi dan SKPD terkait.

Aturan mengenai Katalog Elektronik, kata Danang, sudah jelas. Yakni Peraturan Presiden No. 12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan LKPP No. 9 tahun 2021 tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

“Aplikasi ini merupakan layanan belanja daring seperti tokopedia, shopee dan lainnya. Aplikasi ini pun komplit, mulai menyediakan berbagai barang dan jasa hingga perbelanjaan media,” ujarnya.

Meski begitu, imbuh Danang, tetap ada beberapa kegiatan atau program yang tidak di E-katalogkan, melainkan melalui tender ataupun PL.

“Karena itu sebuah pilihan. Yang jelas semua UMKM kita dahulukan. Untuk konstruksi, saya tegaskan bukan pabrikan yang saya utamakan, semuanya kontraktor,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danang pun menyentil proyek pengerjaan yang dilakukan dengan cara tender, tetapi tidak terselesaikan.

“Misalnya kita tenderkan 2 Milyar, tetapi ditawar 1 Milyar. Setelah menjadi pemenang tender pekerjaan tidak diselesaikan. Terus siapa yang rugi? Ya masyarakat,” selorohnya.

Untuk itu, lanjut Danang, dengan E-Katalog, dapat meminimalisir hal tersebut dan lebih efektif.

Ia juga mengatakan, dengan diterapkanya sistem tender tersebut, pasti akan didapatkan pemenang yang memang bisa bekerja secara profesional dan bisa menyelesaikan proyek tepat serta berkualitas./////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.