Muhammadiyah Banyuwangi Umumkan Awal Puasa Ramadan 2023

by -626 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Dalam kegiatan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Banyuwangi yang terlaksana di SMK Muhammadiyah 2 Genteng juga menyampaikan kepada warga Muhammadiyah tentang awal puasa Ramadan 2023.

Menurut surat resmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1444 H jatuh pada 23 Maret 2023. Penentuan awal puasa oleh Muhammadiyah ini berdasarkan hasil hisab yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah di Yogyakarta.

iklan aston

“Kami juga mengumumkan, bahwa awal puasa sesuai hasil hisab hakiki wujudul hilal jatuh pada 23 Maret 2023, semoga dalam menyambut Ramadan kita selalu bersemangat pastinya ibadahnya harus lebih disiplin,” ujar Sekretaris PDM Mufti Syafi’i.SE.

Selain awal puasa, Muhammadiyah juga telah menentukan hari Idul Fitri 1444 H atau 1 Syawal 1444 H yang jatuh pada hari Jumat Pahing 21 April 2023.

Penetapan ini dilakukan berdasarkan posisi, bukan berdasarkan tampak bulan. Ia menjelaskan, seperti pada penentuan bulan Ramadan pihaknya memperhatikan syarat terjadinya Ijtima atau saat bulan telah mengelilingi bumi dengan satu putaran sinodis

“Jadi (penentuan Ramadan) tidak berdasarkan penampakan, melainkan berdasarkan pada posisi geometris benda-benda langit, yaitu matahari, bumi, dan bulan,” jelasnya.

Sementara itu, Kementrian agama belum menetapkan awal ramadan 2023 dan masih menunggu hasil sidang isbat yang akan di laksanakan dengan metode melihat bulan dari beberapa titik di Indonesia.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.