Kemenag Banyuwangi Gelar Program Bimbingan Perkawinan Bagi Paslon Pengantin

by -313 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan Program Bimbingan Perkawinan (Binwin) di beberapa KUA Kecamatan. Bimbingan ini diikuti secara penuh oleh pasangan calon mempelai yang akan melangsungkan pernikahan.

Dalam pelaksanaan program tersebut Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan di lapangan seperti di KUA Kecamatan Cluring Banyuwangi pada Rabu (15/02/23).

iklan aston

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Dr. Moh. Amak Burhanudin pembiayaan program Binwin selain bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) RI juga dilaksanakan secara mandiri.

“Kita maksimalkan agar semua pasangan calon pengantin mengikuti program Binwin mendapatkan tambahan bekal wawasan dalam menempuh rumah tangga,” jelasnya.

Amak menyampaikan bahwa sesuai dengan hasil Rakorda Pencegahan Tindakan kekerasan pada anak, kedepan dalam rangka peningkatan mutu keluarga, semua lembaga dan instansi akan bergerak bersama, terutama untuk penjelasan usia nikah.

Lebih lanjut Amak mengungkan upaya peningkatan mutu keluarga dimulai dengan penyiapan fisik dan mental mulai dari masa remaja dalam program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (Brus).

“Selanjutnya Program KUA Goes to School dengan melibatkan penghulu dan penyuluh terus kita lakukan dengan bekerjasama dengan dinas, instansi / lembaga terkait,” imbuhnya.

Sementara Kasi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi H. Mastur, menyampaikan seluruh fasilitator dalam Binwin merupakan petugas yang telah mengikuti Bimtek, baik dari lingkungan Kementrian Agama maupun dari lembaga di luar Kemenag..

Berbagai upaya dilakukan untuk membentuk keluarga sakinah, memberikan edukasi kepada remaja tentang bagaimana cara menata masa depan. Selain Binwin dan Brus serta beberapa program kegiatan pembinaan yang terus dilakukan melalui majelis taklim dan lembaga pendidikan formal maupun non formal.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.