Jumlah Pengunjung Museum Blambangan Banyuwangi Meningkat 500 Persen

by -668 Views
Museum Blambangan yang ada di kawasan kantor Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Jumlah pengunjung museum Blambangan yang ada di kawasan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2022 tercatat 5.772 orang atau meningkat 500 persen dibandingkan tahun 2021 yang pengunjungnya tercatat 1. 612.

Menurut Kepala Disbudpar Kabupaten Banyuwangi melalui Kabid Kebudayaan D. M. Alit Budi Siswanto pengunjung yang datang ke museum Blambangan berasal dari kelompok pelajar, mahasiswa, wisawatan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan manca negara (Wisman).

iklan aston

Adapun data kelompok pengunjung selama 2022, lanjut Alumni Fisip Universitas Jember  itu terdiri dari; pelajar  total jumlahnya 5.040, mahasiswa (389), Wisnus tercatat 310 dan Wisman sebanyak 33 orang.

“Dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan yang sangat pesat kami terus berupaya menarik minat masyarakat untuk menyaksikan koleksi Museum Blambangan dengan selalu menjaga mutu dan kualitas layanan kepada para pengunjung,” jelas Alitdi ruang kerjanya pada Rabu (15/02/2023).

Ayah dua putri itu lebih lanjut menuturkan upaya lain yang akan dilaksanakan adalah mengadakan program kegiatan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di wilayah Banyuwangi utamanya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan mengadakan pameran kepurbakalaan pada Juni 2023 mendatang.

Dalam kegiatan pameran kepurbakalaan selain memamerkan koleksi museum Blambangan, menurut dia pihaknya juga menjalin kerja sama dengan para kolektor benda kuno dan barang antik yang ada di kota ujung timur Pulau Jawa ini.

“Dalam pameran kepurbakalaan yang dikemas “Banyoewangi Jaman Bengen”mendatang tidak menutup kemungkinan terjadi tarnsaksi jual beli antara kolektor dengan pengunjung. Selain itu juga membuka stand bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM ) Banyuwangi,” imbuh Alit.

Selanjutnya dalam pelaksanaan pameran kepurbakalaan Museum Blambangan Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Banyuwangi akan mendukung dan berpartisipasi  meramaikan dengan menggelar pemutaran film cagar budaya dan lomba tari tradisional pelajar.

“Kami juga akan menampilkan Tari Rengganis yang merupakan salahsatu warisan budaya tak benda di Banyuwangi namun jarang ditampilkan,” pungkas Alit./////

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.