DPRD Banyuwangi Yakin Penyaluran Pupuk Subsidi Sudah Tepat Sasaran

by -282 Views
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Para petani di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat tambahan alokasi pupuk subsidi sebanyak 26 ribu ton untuk keperluan musim tanam September hingga Desember 2022.

Realokasi pupuk subsidi 26 ribu ton itu terdiri dari pupuk Urea dan NPK. Adapun rinciannya 12 ribu ton Urea dan 14 ribu ton NPK.

iklan aston

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi percaya, penyaluran pupuk subsidi untuk petani sudah tepat sasaran. Karena sudah sesuai elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

“Saya yakin sudah ada regulasinya, Pemkab menyalurkan sudah tepat sasaran. Karena sudah ada rumusnya e-RDKK, jadi tidak sembarangan,” kata Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono, pada Sabtu (1/10/2022).

Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi tersebut tidak menutup mata apabila di lapangan masih banyak petani yang mengeluhkan adanya kelangkaan pupuk subsidi.

Namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak, sebab, jatah dan alokasi pupuk bersubsidi di Banyuwangi menjadi kewenangan pemerintah pusat. “Akan tetapi upaya sudah kita lakukan, dengan mendesak Dinas Pertanian untuk menambah kuota yang diharapkan sesuai kebutuhan Banyuwangi,” jelas politisi asal Glenmore itu.

Menurut Ruli, sebenarnya penyaluran pupuk subsidi sudah terpenuhi di Banyuwangi. Terkait tujuh kecamatan yang telah melebihi e-RDKK, hal tersebut terjadi karena para petani sudah mengambil jatah mereka lebih dulu.

“Sehingga ada kesan kelangkaan, padahal tidak. Karena sudah diambil duluan jatahnya sesuai e-RDKK di tujuh kecamatan tersebut,” tambahnya.

Disisi lain, sebagai wakil rakyat dewan akan mendorong Pemkab Banyuwangi untuk mencarikan jalan keluar. Pasalnya, sampai saat ini petani sangat bergantung pada pupuk subsidi, sementara jatah atau kuotanya dibatasi.

“Oleh karena itu kami mendorong agar eksekutif untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk mencari solusi dengan membuat pupuk, minimal mutunya bisa menyaingi, walaupun tidak sama dengan Urea,” pungkas Ruli.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.