Sego Lansia Cara Camat Giri Menumbuhkembangkan Kepedulian Masyarakat pada Lansia

by -614 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam upaya membantu kegiatan pembinaan bagi warga yang lanjut usia agar kehidupan mereka tetap terpilihara, berguna, sehat dan mandiri, Pemerintah Kecamatan Giri Banyuwangi akan mengembangkan program Sedekah Kanggo Warga Lanjut Usia Anak Yatim dan Kaum Duafa (Sego Lansia).

Menurut Joko Kuncoro, Camat Giri, program yang dilaksanakan merupakan upaya untuk membantu pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam menangani masalah kemiskinan.“Sumber dana untuk program Sego Lansia merupakan sumbangan para dermawan yang ada di wilayah Giri khususnya dan wilayah lain yang sifatnya sukarela,” jelasnya di ruang kerjanya pada Selasa (30/08/2022).

iklan aston

Pejabat kelahiran Ponorogo itu menuturkan sasaran program Sego Lansia antara lain; warga lanjut usia, para duafa, anak yatim dan anak sekolah dari keluarga kurang mampu.

Adapun kegiatan Sego Lansia antara lain; mewujudkan perhatian dan kepedulian terhadap lansia, mengupayakan berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat, gairah dan rasa percaya diri bagi lansia, menyelenggarakan kegiatan yang produktif bagi lansia, bantuan kesehatan bagi duafa, biaya sekolah anak yatim dan lain sebagainya, imbuh Jokun sapaan akrabnya.

“Dalam penangan kemiskinan di wilayah Giri kami mengharapkan support dan kepedulian warga masyarakat dan relawan secara berkelanjutan dalam menangani kemiskinan dan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM),” imbuh dia.

Bentuk-bentuk penanganan Sego Lansia di Wilayah Giri merupakan program bantuan yang meliputi antara lain; bantuan biaya pendidikan bagi keluarga yang kurang beruntung yang tidak mampu membeli seragam, buku, sepatu dan keperluan sekolah lainya.

Kemudian dalam kesehatan meskipun mereka sudah memiliki BPJS namun biaya untuk memobilisasi anggota keluarga yang sakit dan biaya hidup selama menunggu di rumah sakit akan dibantu melalui Sego Lansia.

Selain itu para relawan juga membantu menyalurkan bantuan sembako bagi lansia yang sudah tidak mampu. Kemudian bersama dengan warga sekitar mengampu satu lansia yang tinggal di lingkungan tersebut.

“Untuk mempermudah calon dermawan dan memperluas jangkauan program Sego Lansia proses donasinya sudah menggunakan QRIS. Barkotnya kami ditaruh di beberapa fasilitas umum sehingga bagi dermawan tidak harus dengan uang tunai tetapi bisa Cashless,” tambah Jokun.

Sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban para relawan dan pemerintah kecamatan membentuk grup WhatsApp (WA) bagi para dermawan agar lebih mempermudah semuanya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.