Mangan Geden 2022 Salahsatu Cara Banyuwangi Kenalkan Kuliner Tradisional

by -785 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Predikat kota paling inovatif yang disandang Banyuwangi seakan mampu menjalar pada semua sendi kehidupan masyarakat. Dan dari tangan pemuda hentinya muncul ide gagasan dan kreatifitas tiada batas. Salah satunya saat menggelar Even Mangan Geden yang digelar di sisi selatan Gesibu Blambangan Banyuwangi pada Sabtu .(20/08/2022).

Program kegiatan Banyuwangi Creative Space (BCS) yang dipelopori oleh Fauzi Mediatama diikuti 30 peserta dan berlangsung meriah. Para pengunjung yang hadir memberikan support kepada jagoannya masing-masing yang berlomba dalam Even Mangan Geden.

iklan aston

Dalam mengikuti lomba para peserta wajib menghabiskan 5 (Lima) menu makanan tradisional khas Banyuwangi seperti Sego Tempong, Ayam Kesrut, Pecel Pitik, Rujak Soto, Sego Cawuk.

Pemenangnya adalah peserta yang berhasil menghabiskan makanan tradisional khas Banyuwangi tercepat. Para peserta tertarik mengikuti lomba karena ingin mendapatkan hadiah Iphone XI yang harganya sekitar Rp. 8 juta.

Inisiator kegiatan Mangan Geden 2022, Lutfi Nur Fauzi mengungkapkan tujuan lomba yang digelar antara lain untuk mewadahi pemuda-pemuda kreatif dalam berkarya salahsatunya dengan kegiatan ini mampu mengenalkan masakan tradisional khas Banyuwangi.

“Saya berharap kedepan acara ini bisa dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan yang finalnya nanti para pemenang dari tingkat kecamatan mengikuti tingkat kabupaten dengan hadiah yang lebih menarik lagi tentunya,” ungkap Lutfi.

Kegiatan Mangan Geden tahun 2022 bisa berjalan lancar dan sukses karena melibatkan beberapa sponsor seperti antara lain; PT Bintang Pusaka Jaya bergerak dibidang penggilingan padi dan pendistribusian beras di Banyuwangi. Kemudian ada Kedayweb.Com bergerak dibidang multimedia . Tentunya juga ada kolaborasi dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

“Dalam event ini juga kami membuka selebar-lebarnya untuk teman-teman pelaku industri kreatif seperti produk Fashion Ruang Sandang, Foodtruck Doa Ibu, Foodcar Wilujeng dan beberapa produk kreatif lainnya,” imbuh Lutfi.

Lutfi menambahkan melalui even Mangan Geden Tahun 2022 pihaknya juga memperkenalkan musisi lokal seperti Pasak Tenda, Teras Rumah, Llumak dan Ikrom Maulana untuk bisa berkerasi di Banyuwangi Kota.

Rifan Yuli Ariyanto, Pelaku produk kreatif food truck Doa Ibu yang ikut mendukung lomba mengungkapkan rasa bangga karena bisa dilibatkan dalam kegiatan seperti ini

“Tentunya kami selaku industri kreatif dibidang kuliner sangat terbantu dengan kegiatan inovatif dan kreatif yang menarik seperti ini. Semoga kedepan kami bisa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang lainnya,” ujar Rifan.

Sedangkan untuk hasil lomba akhirnya Fahreza Adams (26 Tahun) warga kelurahan Singonegaran, Banyuwangi berhasil menjadi pemenang Mangan Geden tahun 2022 setelah mampu menghabiskan makanan tradisional khas Banyuwangi dalam waktu kurang dari 2 menit

“Sebenernya tidak ada trik khusus sih, cuman saya membuat bagaimana caranya makanan cepat masuk dengan cara makan sambil didorong air putih,” ungkap Fahreza.

Mantan pemanah Banyuwangi tersebut mengaku tidak percaya akan menjadi pemenangnya. Awalnya dia begitu yakin trik yang digunakan tersebut ternyata mampu menjadikanya pemenang hadiah Iphone.///

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.