Ini Cara Warga Lingkungan Kampung Ujung Menjaga dan Memelihara Kebersihan Muara Sungai Kalilo

by -1126 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke – 77 masyarakat memiliki cara yang beragam mulai istighosah, selamatan kampung, jalan sehat dan berbagai lomba yang lain.

Warga lingkungan Kampung Ujung Kelurahan Kepatihan Banyuwangi memilih menggelar lomba kebersihan alur sungai di muara Kalilo yang ada di Kawasan Pantai Boom Banyuwangi.

iklan aston

Menurut Dwi Sasongko, lomba yang digelar sengaja melibatkan anak-anak, remaja sampai dengan para orang untuk menanamkan pentingnya menjaga, memelihara dan melestarikan kebersihan sungai dengan membersihkan, mengambil dan mengangkut sampah yang ada.

“Latar belakang menggelar lomba kebersihan alur sungai Kalilo merupakan pilihan kami untuk menanamkan pentingnya menjaga kebersihan keindahan dan kesehatan sungai pada anak-anak khususnya maupun bagi masyarakat pada umumnya,” jelas Sasongko.

Jumlah peserta, lanjut sebanyak 30 orang yang dibagi dalam beberapa kelompok dengan hadiah yang disiapkan yang akan dibagikan nanti akan saat acara pentas Agustusan. Adapun juri terdiri dari Ibu-ibu, Ketua RT dan Pengurus Lingkungan Kampung Ujung.

Para peserta dalam lomba berhasil mengumpulkan aneka macam sampah yang terbanyak adalah jenis sampah plastik.

“Harapan kami kedepan bagaimana warga Kampung Ujung bisa banjir rupiah bukan lagi sampah yang ada di sungai. Caranya dengan membenahi drainase yang ada sehingga air dari Kalilo bisa mengalir ketempat lokasi ini. Sehingga kami akan membudidayakan berbagai jenis ikan air tawar yang nantinya bisa menjadi destinasi wisata pemancingan,” imbuh Sasongko.

Rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Lingkungan Kampung Ujung wilayah yang terus berbenah untuk menghilangkan predikat daerah kumuh di Banyuwangi pada Minggu (21/08/2022) pagi rencananya akan mengadakan aneka lomba, antara lain; Satria Blambangan, gepuk guling di atas air dan lain-lain.

Sasongko menambahkan berbagai macam lomba yang diadakan di lingkunganya tema yang diambil tidak jauh dari air dan sungai. “Hal ini kami lakukan sebagai upaya bersama-sama dan bergotong royong menjaga, memelihara dan melestarikan kebersihan sungai Kalilo agar mampu menghidupi masyarakat Kampung Maju seperti pada masa-masa dulu,” pungkasnya.////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.