Pasokan Solar Kurang, Para Nelayan di Kota Pasuruan Libur Cari Ikan

by -744 Views
Kondisi kapal milik nelayan terparkir di Pelabuhan (BAHRUL)
iklan aston

Pasuruan, seblang.com – Sejumlah nelayan di pesisir Kota Pasuruan mengeluh lantaran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sulit dicari.

Pasalnya, beberapa hari kemarin sejumlah nelayan di Kota Pasuruan memilih berlibur sementara untuk tidak mencari ikan.

iklan aston

“Sudah sekitar dua minggu yang lalu para nelayan yang kesulitan mendapat solar,” kata Gatot selaku Ketua Rukun Nelayan Kota Pasuruan, Sabtu (18/06/22).

Gatot menjelaskan, pasokan solar berkurang setelah SPBU di Karangketug, Kecamatan Gadingrejo tidak diperbolehkan lagi menjual solar kepada nelayan. Sementara kebutuhan solar ribuan nelayan di kota ini dihitung-hitung sekitar 15 ton.

“Jika untuk melaut, setiap harinya satu kapal nelayan membutuhkan setidaknya 100 liter solar.

Sementara, kini hanya ada dua SPBU yang menyediakan solar di Kota Pasuruan, yaitu SPBU Bugul dan SPBU Bakalan,” jelasnya.

Pasokan solar di dua SPBU tersebut tidak sebanyak dibandingkan SPBU Karangketug.

Karena tidak tercukupi kebutuhan bahan bakarnya, para nelayan bahkan harus rela libur sementara apabila tidak dapat solar.

“Satu perahu biasanya diisi 8 sampai 10 nelayan, dan satu perahu butuh sekitar 100 liter solar. Kalau tidak dapat tidak ada kerjaan,” katanya.

Sementara itu, Sutrisno, seorang nelayan, menututkan jika dirinya sedang libur melaut karena tak ada solar.

“Sambil mengisi waktu luang, Sutrisno memilih membetulkan jaring hingga mencari pekerjaan serabutan lain,” keluh Sutrisno.

“Apalagi Pas kondisi rob juga, air laut  pusarannya lagi besar, ikan jadi jarang, mending libur saja,” imbuh Sutrisno.///

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.