Pemilihan Ketua RT 30, Desa Kotakan Berlangsung Demokratis

by -815 Views
Wartawan: Imam
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Proses pemilihan ketua rukun tetangga (RT) 30, rukun warga (RW) 11, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo Kota, Kabupaten Situbondo yang digelar sederhana layaknya Pemilukada, Selasa (31/05/2022) sore berlangsung secara demokratis.

Hendrayanto selaku Ketua panitia pemilihan, menyatakan rasa syukur atas terlaksananya pemilihan ketua RT 30 yang berlangsung sukses dan demokratis. Semua warga juga terlihat antusias dan tertib mengikuti tahapan tahapan pemilihan.

iklan aston

“ Kita memberikan apresiasi kepada warga yang sudah mengikuti jalannya pemilihan ketua RT ini. Kita melakukan pemilihan ketua RT ini karena kepengurusan RT yang lama meninggal dunia dan sesuai surat Pj. kepala desa Kotakan melalui kepala dusun dan sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku, ”katanya seraya mengatakan, sebelum pemilihan pihaknya sudah menyampaikan surat undangan kepada warga dengan kesepakatan berlaku untuk warga setempat dan pemilik usaha yang berhak memilih.

Lebih lanjut dikatakan, Hendrayanto yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun Kotakan Cangkreng ini mengatakan, sesuai dengan undang-undang setiap warga mempunyai hak untuk mencalonkan atau dicalonkan dan warga yang akan di calonkan maxsimal lima orang pendukung. Intinya calon harus siap menjadi ketua RT.

“ Pemilihan ini dilakukan secara langsung, panitia dalam acara pemilihan ini bersifat netral berdasarkan musyawarah mufakat panitia ada dua nama orang calon. Diantaranya, Joko Hernadi nomor urut 01 dan Hady Anwara nomor urut 02. Berdasarkan hasil pemilihan, calon nomor urut 02 berhasil mendapatkan 40 suara dan Joko Hernadi nomor urut 01 mendapatkan 34 hak suara. Dengan demikian pemilihan ketua RT 30 masih di menangkan nomor urut 02 Hady Anwara yang masih berstatus tokoh pemuda asli kelahiran lingkungan setempat, ”katanya.

Ditambahkan Hendrayanto, pemilihan ketua RT dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.

Sementara itu, Hady Anwara Ketua RT terpilih kepada awak media menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua warga yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi ketua RT 30. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak panitia yang telah sukses menggelar pemilihan ketua RT.

“ Kita tetap satu bingkai dalam RT 30. Dalam pemilihan ini tidak ada saling membedakan dan saling menjatuhkan ini adalah demokrasi dimana setiap warga memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Karena itu, saya berterima kasih kepada seluruh warga RT 30 ini masih mempercayakan saya menjadi ketua RT, insya Allah kedepan saya akan mengemban tanggung jawab ini sebagai amanah dan menjadi lebih baik lagi, ”katanya, Rabu (01/06/2022) pagi.

Sementara itu, Sundoro salah seorang warga RT 30 menyampaikan ucapan selamat kepada ketua RT terpilih. Dia berharap semua warga dapat mendukung ketua RT 30 terpilih.

“ Sebab peran Ketua RT pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan, ”ujarnya.

Sambung dia, bahwa pemilihan ketua RT dilakukan dengan mengambil tata cara Pemilihan Umum (Pemilu) sebagai bentuk pembelajaran bagi masyarakat dalam menerapkan demokrasi. Panitianya juga berasal dari generasi muda warga RT 30, RW 11

” Harapannya ada pembelajaran demokrasi dan regenerasi petugas yang berpartisipasi oleh pemuda dalam kegiatan Pemilu yang diadakan Pemerintah, “pungkasnya.

Pemilihan ketua RT 30 RW 11 diikuti oleh 2 orang calon RT. Pada akhir penghitungan suara, Hady Anwara memperoleh suara terbanyak 40 suara dan ditetapkan sebagai ketua RT 30.

” Terima kasih atas kepercayaannya dan semoga bisa membawa masyarakat RT 30 RW 11 Dusun Kotakan Cangkreng lebih baik lagi, “tukasnya.

Sekedar diketahui, dari DPT 78, 74 orang ikut serta memberikan suaranya. Tercatat hanya 4 orang yang tidak ikut menyumbangkan suaranya karena sedang tidak berada di tempat. (imam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.