Pemkab Situbondo Kembali Menerima Penghargaan WTP Dari BPK

by -485 Views
Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM saat mendapatkan penghargaan. (imam
iklan aston

Situbondo, seblang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo kembali meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Timur enam kali berturut-turut. Penghargaan itu diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021. Memasuki dua tahun kepemerintahan Bupati Karna Suswandi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM mengatakan, penghargaan opini WTP yang diterima oleh Pemkab Situbondo sebanyak tujuh kali, namun terjadi jeda satu tahun. Sedangkan untuk perolehan secara berturut-turut sebanyak enam kali, “ucapnya kepada seblang.com, Kamis (19/5/2022)

iklan aston

“Penghargaan WTP secara berturut-turut enam kali, ini menunjukkan kinerja ASN di Situbondo yang baik dan transparan. Hal itu berkaitan dengan pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Syaifullah juga mengatakan, audit keuangan dari BPK dengan hasil opini WTP, itu diperoleh sejak tahun 2016 hingga 2021. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab bisa mempertahankan predikat tersebut.

“Bisa kembali meraih predikat WTP merupakan prestasi yang membanggakan,Bapak Bupati Karna Suswandi mendorong agar bekerja dengan cerdas, dan bersungguh-sungguh. Sehingga mampu menjalankan tugas dengan baik,”ungkapnya.

Syaifullah menambahkan, terdapat empat kriteria yang menjadi penilaian, yakni kesesuaian dengan standar akuntasi pemerintah, kecukupan pengungkapan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan, dan efektivitas pengendalian intern.

“Ada empat kriteria yang sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, jadi harus mampu memenuhi kriteria itu,”tutupnya. (imam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.