DPRD Banyuwangi Usul Raperda BUMD Optimalkan Potensi Menambah Pendapatan Daerah 

  • Whatsapp
H M Ali Mahrus, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi
banner 300600

advertisement 13/01/2021

Banyuwangi, seblang.com – Dengan penataan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang baik diharapkan mampu menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah dan menjadi stimulus bagi eksekutif untuk meningkatkan ekonomi kabupaten Banyuwangi dari sektor BUMD.

Pernyataan tersebut disampaikan H M Ali Mahrus, Pimpinan Rapat Paripurna internal DPRD Banyuwangi kepada wartawan media ini di ruang kerjanya Senin (26/04/2021).

Read More

banner 300600

Advertise 28/01/21

Menurut Ali Mahrus, dalam rapat paripurna internal pihaknya meminta persetujuan anggota dewan untuk menetapkan rancangan peraturan daerah (Raperda) BUMD menjadi Raperda inisiatif DPRD Banyuwangi pada tahun ini.

“Karena sesuai mekanisme yang ada tahapan pembetukan raperda mulai usulan anggota masing-masing fraksi, kemudian digodok dalam Bapemperda, apabila layak dilanjutkan pembuatan naskah akademik baru dimintakan persetujuan dalam paripurna internal,”jelas Politisi asal PKB tersebut.

Mahrus menambahkan pada dasarnya perda dibuat dalam rangka memberikan perlindungan dan mensejahterakan rakyat. Untuk mengoptimalkan potensi yang ada saat ini apabila ada beberapa BUMD di Banyuwangi yang kurang maksimal dengan adanya perda dimasukan klausul untuk memaksimalkan proses pengelolaan BUMD yang sudah ada.

Sementara Sofiandi Susiadi, Ketua Bapemperda DPRD Banyuwangi mengungkapkan kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini dikenal sebagai salahsatu daerah yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Namun pemerintah belum mampu hadir dan memberikan perlindungan maksimal bagi rakyatnya.

Sofi menuturkan Banyuwangi dikenal sebagai penghasil jeruk, buah naga, cabai dan tanaman serta komoditi lain serta penghasil ikan yang besar namun belum mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi pemasukan bagi pendapatan daerah.

“Dengan adanya BUMD yang mengurus sektor beberapa komuditi merupakan salahsatu wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada rakyat sekaligus mengoptimalkan potensi pendapatan dari distibusi buah maupun dari sektor perikanan yang ada di Banyuwangi,”pungkas politisi Partai Golkar asal kecamatan Cluring tersebut.

Wartawan Nurhadi

banner 300600

advertisement 13/01/2021

Related posts