Pokdakan Pesona Bahari Bangsring Banyuwangi Panen Lobster Hasil Percontohan

by -673 Views
Panen lobster di Watu Dodol Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi,seblang.com – Panen lobster hasil percontohan penyuluhan dan pelepasliaran biota hasil riset  dilaksanakan di Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi, Sabtu (24/10/2020).

Lobster tersebut merupakan hasil budidaya Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pesona Bahari  Desa Bangsring kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi.

Selain panen juga dilepas liarkan 25 indukan lobster yang bertelur dan seribu ekor benih Kerapu Sunu hasil riset Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan(BBRBLPP) Gondol/Bali dan jamuan lobster hasil budidaya.

Acara ini dihadiri  Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan Dan Perikanan(Puslatluh KP)  Dr. Lilly Aprilya Pregiwati,S.Pi., M. Si ,Kepala BPPP Banyuwangi,BBRLPP Gondol/Bali, Penyuluh Perikanan Banyuwangi, PSDKP, dan Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi M Yanuar Bramuda.

Pelepasan lobster yang bertelur dan ikan Kerapu Sunu

Abdul Ajis Ketua Pokdakan Pesona Bahari, panen ini merupakan kebanggaan kelompoknya. Dalam penelitian ini sudah berjalan maksimal, intinya sudah bisa dirasakan betul oleh kelompok khususnya dan pada akhirnya untuk masyarakat luas umumnya.

“Sebetulnya ini adalah hasil panen yang kedua, sebagian sudah diambil untuk tes mutu, karena kami ragu-ragu atau khawatir takut hasil budidaya ini tidak diterima di pasar, ternyata setelah tes mutu kualtas sudah masuk dalam pasaran,” ujarnya.

“Kami juga belum puas hanya sampai di sini. Masih banyak kekurangan dari kami,  sehingga ke depan kami tetap mencari inovasi  baru supaya budidaya lobster ini tambah maju dan tambah banyak hasilnya.  Sebelumnya bisa kami panen tiga atau empat bulan saat ini bisa menjadi satu atau dua bulan dalam masa panennya. Tentunya ada inovasi baru tentang metode pakan,” tambahnya.

Kepala Puslatluh KP Dr. Lilly Aprilya Pregiwati,S.Pi., M. Si  mengatakan panen ini sangat luar biasa hasilnya. Ia juga diberi kesempatan mencicipi lobsternya yang sudah dimasak serta menyaksikan beberapa lobster  yang sudah dipanen  langsung ada pembelinya.

“Jadi ini bagus sekali semoga bisa menjadi inspirasi semua untuk pengembangan budidaya lobster di tempat atau daerah masing-masing  seluruh indonesia ,” tegasnya.

Wartawan : Wimbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.