SMKN Ihya’ Ulumudin Peringati Hari kesaktian Pancasila Secara Sederhana

by -467 Views
Upacara Kesaktian Pancasila di SMKN Ihya' Ulumudin
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – SMKN Ihya’ Ulumudin yang berbasis pondok pesantren tetap melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/20).

Menurut Kepala sekolah SMKN Ihya’ Ulumudin Gatot Kurnianta, pada intinya sebuah peringatan merupakan sesuatu untuk mengingatkan kembali kepada apa yang terjadi pada masa yang lampau

iklan aston

“Hari kesaktian Pancasila bukan hanya sebagai peringatan seremonial saja, yang terpenting implementasi Pancasila itu sendiri. Jadi bukan sebatas seremonialnya, seharusnya bagaimana selanjutnya pemerintah memantau aktivitas pendidikan, apakah pelaksanaan pendidikan di Indonesia itu sudah sesuai dengan amanat yang ada di Pancasila,” ujar gatot.

Gatot beranggapan, tidak ada yang berbeda dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, secara politik walaupun pada masa orde baru lebih mengangkat Kesaktian Pancasila.

“Sekarang pemerintahan Jokowi lebih mengangkat lahirnya Pancasila. Bagi kami para guru tidak mempersoalkan hari lahir atau tidak mempersoalkan kesaktian, tetapi yang penting bagaimana nilai-nilai Pancasila itu bisa di implementasikan bagi bangsa Indonesia, khususnya para siswa. Jadi yang penting adalah nilai-nilainya,” terangnya.

Menurutnya, Pancasila itu bukan hanya sekadar jargon, dijadikan logo, akan tetapi bagaimana warga Indonesia itu berperilaku sesuai zaman, kalau misalnya zaman orde baru itu ada butir-butir Pancasila.

“Kalau sekarang tidak ada, tapi memang yang penting perilakunya harus sesuai dengan Pancasila. Apakah selama ini sudah berketuhanan, berperikemanusiaan, dan sampai ke sila yang terakhir. Khususnya kepada masyarakat dari kami para guru,” katanya.

Dirinya berharap kepada pemerintah, apa yang diamanatkan dalam Pancasila khususnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Poin itu, kata Gatot yang penting bagi pemerintah, tapi bagi masyarakat yaitu tentang ketuhanan dan toleransi perbedaan-perbedaan baik agama maupun golongan.

Wartawan  :Hari Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.