Desa Bandungan Bangun Poskamling Untuk Tingkatkan Budaya Guyub Rukun

by -383 Views
Proses pengerjaan poskamling
Girl in a jacket

Madiun, seblang.com – Menjaga budaya guyub rukun menjadi tanggung jawab bersama. Di lingkungan masyarakat kecil di tingkat desa seperti RT dan dusun sangat diperlukan bangunan fisik khusus yang biasa disebut poskamling . Pos itu sebagai fasilitas warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban  dalam lingkungan masyarakat desa.

Hudi Utomo, kades Bandungan memaparkan dalam rangka meningkatkan budaya guyub rukun antar warga, pemerintah Desa Bandungan Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, melalui ADD kedua yang termin 2x ini dibangun poskamling di Dusun Jenangan dan Dusun Kedungrejo.

iklan aston

Dari sumber ADD dengan anggaran Rp 75jt ini dibangun 10 poskamling berukuran 2,5×2,5m. Kedua dusun tersebut masing-masing dibangun 5 poskamling.

Pembangunan poskamling ini sebagai upaya menangkal issue serta antisipasi terhadap maraknya kasus pecurian dimasa pandemi covid 19 akhir-akhir ini.

Dari hasil musyawarah bersama kepala desa, kepala dusun dan ketua RT serta tokoh masyarakat, terbentuklah kesepakatan untuk membangun poskamling sebagai skala prioritas APBDes 2020. Dalam hal ini, wacana ke depan adalah untuk mengadakan kegiatan ronda dengan melibatkan warga masyarakat desa Bandungan.

Seperti diketahui, manfaat dari pelaksanaan ronda sendiri sangatlah banyak di antaranya adalah menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah ataupun bencana alam, sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat dan meningkatkan rasa kebersamaan antar warga dalam suatu lingkungan RT maupun dusun.

Pembangunan poskamling merupakan suatu kebutuhan pokok yang wajib dimiliki desa. Dengan adanya poskamling tersebut, pengamanan swakarsa dapat dilestarikan dan ditingkatkan guna untuk menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap lingkungan.

Hudi selaku kepala desa berharap ,”Semoga dengan terbangunnya poskamling di desa Bandungan, khususnya Dukuh Jenangan dan Kedungrejo, dapat bermanfaat sebagai wadah pemersatu warga dalam menjaga budaya guyub rukun yang wajib kita jaga bersama. Selain itu juga sebagai tempat atau fasilitas dalam melaksanakan kegiatan ronda yang dimana bisa mencegah terjadinya gangguan keamanan di wilayah desa Bandungan”, tutupnya.

Wartawan : Anwar Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.