PUAN: Perempuan Dukung dan Pilih Ipuk Fiestiandani di Pilbup Banyuwangi

by -924 Views
Ipuk Fiestiandani, calon bupati Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Majunya  Ipuk Fiestiandani sebagai calon bupati Banyuwangi 2021-2024 diapresiasi dan memperoleh banyak dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya partai politik pengusung dan pendukung namun juga kalangan perempuan dan -.

Majunya kandidat perempuan di Pemilihan Bupati (Pilbup) Banyuwangi bukanlah yang pertama kalinya. Saat Pilbup Banyuwangi 2005, kandidat perempuan Ratna Ani Lestari yang diusung 18 partai non parlemen maupun mengalahkan 4 kandidat laki-laki, yakni Masduki Suud-Moch Syafii yang diusung PPP dan Partai Demokrat, Ali Syachroni-Yusuf Widyatmoko yang diusung PDI Perjuangan, Soesanto Suwandi-Abdul Kadir yang diusung Partai Golkar dan Achmad Wahyudi-Eko Sukartono yang diusung PKB.

Fenti Nurrahmawati, salah satu anggota Perempuan Amanat Nasional (PUAN) organisasi sayap Partai Amanat Nasional (PAN) berpendapat, kehadiran kandidat perempuan dalam sebuah kontestasi Pilkada punya daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah posisi kaum perempuan sebagai pemilih yang cukup besar.

“Pemilih kita sebagian besar adalah perempuan. Nah, mereka ini lebih cenderung memilih kandidat perempuan sepanjang komunikasi politik dan image atau citranya ke publik yang dibangun kandidat tersebut cukup baik,” kata Fenti Nurrahmawati saat dikonfirmasi, Rabu (23/9/2020).

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2020 sebanyak 1.309.839 jiwa.

Dari 1.309.839 DPS ini terdapat 648.796 jiwa untuk DPS laki-laki dan 661.043 jiwa untuk DPS perempuan yang tersebar di 25 kecamatan, 28 kelurahan dan 189 desa di Banyuwangi.

“Komunikasi politik kandidat perempuan  biasanya lebih soft (lembut. red) pendekatannya. Seperti seorang  kepada anak-anaknya. Itu memberikan nuansa tersendiri dalam proses-proses politik seperti ini,” terang Fenti yang juga kakak kandung aktivis Muhammad Helmi Rosyadi.

Menurutnya, belakangan ini banyak kandidat perempuan yang berhasil memenangkan kontestasi politik. Contohnya kemenangan  Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Kuncinya sekali lagi harus mampu membangun citra politik yang baik sehingga pemilih percaya.

“Kami yakin mayoritas perempuan akan memilih  Ipuk Fiestiandani dan akan menang di Pilbup Banyuwangi 2020 karena istri bupati Abdullah Azwar Anas ini mampu citra politik yang baik,” pungkas Fenti.

Wartawan : Teguh Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.