GMNI Banyuwangi Tolak Pembangunan di Gunung Ijen

by -197 Views
Mahasiswa berdemontrasi di depan gedung Pemda Banyuwangi
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Banyuwangi melakukan aksi demonstrasi penolakan izin pembagunan Gunung Ijen yang rencananya akan dibangun kereta gantung di pungung gunung itu.

Keluarnya izin pembangunan ini dinilai aktivis GMNI akan merusak ekosistem gunung Ijen dan keaslian gunung yang selama ini terawat dengan baik.

--

“Izin itu harus mencabut izin tersebut karena dapat merusak ekosistem cagar alam yang ada di gunung Ijen,” ujar Alfian koordinator aksi.

Alfian berpendapat adanya pembangunan juga menjadi ketidaknyamanan masyarakat sekitar gunung Ijen yang dalam beraktivitas sebagai pencari belerang.

“Hal ini selain flora fauna terganggu adanya pembangunan tentu merusak cagar alam dan secara psikologis juga masyarakat terganggu yang selama ini beraktivitas juga membuat tidak nyaman pengunjung yang mendaki,” tambahnya

Recananya GMNI akan melakukan aksi jilid 2 hingga tuntutan mereka untuk membatalkan izin pembangunan di gunung Ijen dilakukan.

Dalam aksinya di depan Kantor Bupati Banyuwangi aktivis GMNI ditemui oleh Asisten Ekonomi dan Pembagunan Pemerintahan daerah Kabupaten Banyuwangi Dr.Guntur Priambodo diruang loby.

Pertemuan dengan aktivis GMNI tersebut menurut Guntur Priambodo akan menjadi masukan Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi untuk mengambil langkah terbaik dan mengkaji kemanfaatan ataupun dampak Negatif yang nantinya terjadi terkait pembagunan di gunung Ijen.

“Ini akan menjadi masukan bagi kami bagaimana kita melangkah yang terbaik, kita akan diskusi masukan publik dan mengkaji dampak dari pembagunan serta apa kemanfaatanya” ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Guntur Priambodo. (vian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.