Pondok Pesantren di Banyuwangi Jadi Klaster Baru Covid-19

by -406 Views
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com– Pondok pesantren menjadi klaster baru virus corona (Covid-19) di Kabupaten Banyuwangi. Hal itu menyusul adanya 77 santri di salah satu ponpes di Bumi Blambangan tersebut.

“Ada 77 santri di salah satu pondok pesantren di Banyuwangi yang dinyatakan positif hari ini,” ujar Rio, panggilan akrab dr Widji Lestariono, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Jumat(21/8).

iklan aston

Sehingga Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Banyuwangi kini menjadi 187 kasus per 21 Agustus 2020. Adapun yang telah sembuh sebanyak 77 orang dan 5 orang meninggal dunia. Dengan demikian, pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 105 orang.

Rio mengungkapkan, penanganan di salah satu ponpes ini bermula dari laporan Puskesmas setempat pada Jumat 14 Agustus lalu yang melaporkan adanya 4 santri yang hasil uji cepatnya (rapid test) reaktif.

“Esoknya, Dinkes langsung melakukan survei epidemiologi dan melakukan tracing kontak erat dari 4 santri tersebut. Dan tracing ternyata berkembang hingga mencapai 502 santri yang ada kontak erat serta mereka yang bergejala mengarah ke covid-19. Kepada mereka lalu dilakukan rapid test, akhirnya didapatkan 96 santri yang reaktif. Kemudian dilakukan swab masal kepada mereka, dan hasilnya keluar kemarin serta hari ini,” kata Rio.

Rio merinci, dari 96 sampel swab santri yang diambil, diketahui saat ini hasilnya ada 77 santri yang konfirmasi terpapar covid 19, negatif 13, dan 6 sisanya belum keluar hasilnya.

Rio mengatakan, santri yang positif tersebut saat ini diisolasi mandiri di salah satu gedung dalam ponpes, terpisah dari santri lainnya. Mengingat, kondisi umum santri yang terpapar virus corona tidak bergejala (OTG) dan hanya gejala ringan. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.