Bulog Siapkan Beras dan Sarden untuk Tanggulangi Dampak COVID-19

by -107 Views
Girl in a jacket

Foto: Pelaksanaan Program KPSH Sub Divre Bulog Banyuwangi di Sekitar Pasar Banyuwangi

Banyuwangi, seblang.com – Menindaklanjuti  kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Sub Divre Bulog Banyuwangi, rapat kerja sama dengan pemda melalui Dinas Sosial Banyuwangi untuk pemberian bantuan dalam rangka penanggulangan dampak COVID-19 di Banyuwangi.

Menurut Frima Agung Nitipraja, Kepala Sub Divre Bulog Banyuwangi,  Pemkab Banyuwangi sudah mengajukan surat permohonan pembelian komoditi ke Bulog untuk 217 desa dan rencananya masing masing desa disiapkan 100 paket.

”Jadi 217  desa kali 100 paket untuk seratus orang masing-masing. Komoditi sementara yang dipesan beras dan sarden dan kami sudah mulai persiapan serta menunggu jadwal pendistribusian dari pemkab atau dari Dinas Sosial Banyuwangi,”jelas pria asal Jawa Barat tersebut.

Ayah dua anak itu menambahkan untuk total nilainya mungkin dicek pastinya berap,  tapi kalau untuk pembelian betul dan penandatanganan surat diwakili oleh Dinas Sosial. Saat ini Bulog sedang menyusun Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“Untuk membuat PKS harus dilengkapi kapan pengiriman. Nah kami masih menunggu jadwal pengiriman. Jadi nanti dalam PKS akan jelas jumlah pembelian dan total harganya. Kemudian dikirim ke mana,  tanggal berapa,  harus selesai berapa nah itu kami masih nunggu jadwal distribusi dari Pemkab Banyuwangi,” imbuh pejabat berkaca mata minus itu.

Sementara Lukman Hakim, Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Banyuwangi, pihaknya menyiapkan paket bantuan sembako bagi sekitar 21.700 keluarga yang terdampak wabah COVID-19 di wilayah Banyuwangi.

Menurut dia pada saat awal wabah COVID-19, bupati Banyuwangi memberikan perintah untuk menyiapkan bantuan bagi 100 keluarga tiap-tiap desa di Banyuwangi.”Alokasi bantuan yang diusulkan eksekutif sudah mendapatkan persetujuan legislatif total nilainya sekitar Rp 7 Milyar,” jelas alumni FKIP Universitas Jember itu.

Selanjutnya dia menuturkan data-data calon penerima bantuan sembako warga terdampak wabah COVID 19 sudah tercatat dan terdata di masing-masing desa. Saat ini pemerinyah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi meluncurkan program bantuan pemerintah pusat. Kemudian nanti akan disusul dengan pelaksanaan program bantuan sembako bagi warga terdampak COVID-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.