Antisipasi Covid-19, Pulang Merantau Warga Sraten Harus Pakai Gelang Kuning

by -248 Views
Girl in a jacket

Foto : Kades Sraten dan sejumlah warga yang pakai gelang kuning

Banyuwangi, seblang.com – Sejumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi memakai gelang kuning bertuliskan ODP. Gelang yang disediakan pemerintah desa setempat dipakai secara sukarela oleh sejumlah warga Sraten yang baru saja pulang merantau.

Bukan hanya itu, warga juga melaksanakan imbauan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing – masing, dan rumah singgah yang disediakan pihak desa selama 14 hari.

Usai isolasi mandiri dan tidak terjadi keluhan kesehatan, maka gelang tersebut dilepas dan ODP dinyatakan sehat. Jika terdapat keluhan, akan dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut.

Hal ini dibenarkan Kepala Desa (Kades) Sraten H. Arif Rahman Mulyadi. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk antisipasi pencegentaahan Virus Corona. Untuk memaksimalkan giat pencegahan tersebut, Pemdes Sraten melibatkan tenaga medis Pos Pelayanan Kesehatan Desa (Poskesdes) setempat, untuk cek kesehatan warga yang berstatus ODP.

Pihaknya menambahkan, antisipasi ini justru datang dari aspirasi warga Sraten yang merantau ke luar kota maupun ke luar negeri. Mereka menanyakan langkah desa untuk kepulangan mereka ke desa setempat. Dari aspirasi itu, maka insiatif ini diterapkan dan warga antusias dengan kesadaran diri mau melaksanakan giat pencegahan tersebut.

“Kegiatan ini masukan dari warga yabg merantau. Dan alhamdulillah, warga sukarela melaksanakan himbauan dari desa tanpa ada paksaan. Ini dilakukan untuk kebaikan bersama,” jelasnya, Selasa (21/4/2020).

Kegiatan pencegahan lain, Pemdes Sraten juga melakukan himbauan dengan cara siaran bahaya Covid-19 keliling kampung, penyemprotan disenfektan ke sejumlah ruang publik, termasuk pembagian masker ke warga setempat dan terus melakukan pendataan warga yang pulang merantau.

“Kita sudah berupaya semaksimal mungkin. Mudah – mudahan kita semua dijauhkan dari Virus Corona,” pungkas Kades Sraten. (yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.