Polisi dan TNI Sinergi Buka Dapur Umum di Taman Blambangan

by -379 Views
Girl in a jacket

Foto: Dapur umum hasil sinergi Polri dan TNI

Banyuwangi, seblang.com – Polisi dan TNI di Banyuwangi bersinergi membuka dapur umum di kawasan RTH Taman Blambangan, Banyuwangi.

iklan aston

Rencananya, selain diberikan kepada warga terdampak pandemi corona, 1000 bungkus nasi beragam menu dari dapur umum itu juga akan dibagikan kepada petugas kesehatan dan pengamanan di lapangan yang merupakan bagian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Banyuwangi.

“Kita bersama TNI membuka dapur umum.  Ada seribu nasi bungkus yang akan kita bagikan setiap hari,” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, SIK.

Dapur umum ini dibuka berkat hasil donasi para anggota TNI maupun Polri. Selain itu juga ada dari bantuan donatur yang menyediakan sembako dan lauk pauk. Sementara kokinya adalah anggota TNI dan Polri.

“Kita mandiri. Donasi sebagian juga dari donatur,” jelasnya.

Dapur umum ini dibangun sebagai efisiensi anggaran penanggulangan COVID-19 agar maksimal digelontorkan untuk APD, masker dan alat kesehatan lain. Selain itu juga bantuan agar bisa lebih maksimal dan segera tersalurkan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

“Untuk sementara pakai dapur umum ini. Selain efisiensi juga untuk kebersamaan antara TNI dan Polri,” paparnya.

Sementara Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto mengatakan, dapur umum ini rencananya akan diperbanyak. Namun menunggu arahan dari Gugus Tugas untuk penentuan titik-titik yang diperlukan dibangun dapur umum.

“Kita masih menunggu di mana akan dibangun lagi dapur umum. Untuk sementara di RTH Taman Blambangan,” tambahnya.

Sementara pembagian nasi bungkus dilakukan untuk pekerja informal di sepanjang jalan Banyuwangi. Mulai dari tukang becak, ojek, hingga pedagang kaki lima di pasar Banyuwangi. Pembagian on the spot dapur umum juga dilakukan untuk masyarakat yang melintas di sana.

“Karena dekat dengan pasar maka lebih mudah. Sebagian juga untuk anggota yang sekarang bertugas menjaga jalur keluar masuk pemudik di Banyuwangi,” pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.