Donor Darah di Licin Sumbang 20 Kantong Darah

by -313 Views
Girl in a jacket

Foto : Petugas PMI banyuwangi menggunakan APD lengkap dalam layanan donor darah di rest area Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi

Banyuwangi, Seblang.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi mampu menambah 20 (dua puluh)  kantong darah setelah sekitar 3 jam menggelar program donor darah di Rest Area Tamansari Kecamatan Licin Banyuwangi Selasa (13/4).

iklan aston

Menurut Nurma Eka, salah seorang petugas layanan donor PMI Banyuwangi, bersama tim donor darah datang ke lokasi sekitar pukul 08.30 untuk melakukan persiapan.

Selanjutnya Nurma menuturkan, mulai pukul 09.00 pagi, petugas yang menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD)  sesuai standar kesehatan melayani para peserta donor yang berasal dari warga sekitar rest area,  staf Kecamatan dan desa,  anggota Kodim 0825 Banyuwangi  serta anggota Polresta Banyuwangi.

Lebih lanjut dia menambahkan pengoperasian mobil layanan donor darah PMI sejak ada wabah Covid 19 baru kali ini digelar kembali.

“Layanan donor darah di-setting sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang cukup ketat, mulai dari peserta wajib cuci tangan, mengisi formulir, lalu dicek tensinya. Apabila lolos dalam tahap pemeriksaan maka langsung dilakukan proses pengambilan darahnya,”jelas wanita berjilbab itu.

Nurma menambahkan rincian golongan darah yang diperoleh dalam program donor di Licin belum bisa diketahui karena masih dalam tahap rekapitulasi. Setelah pelaksanaan tuntas nantinya petugas akan membuat laporan lengkap.

Untuk program layanan donor darah, PMI Banyuwangi selain menyiapkan bus yang stand by di depan Pendopo Sabha Swagatha Blambangan Banyuwangi setiap hari,  rencananya Rabu (14/4) akan menggelar layanan donor darah di halaman salahsatu radio di wilayah kecamatan Gambiran Banyuwangi. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.