1.309.839 DPS Pilkada 2020 Banyuwangi Akan Diuji Publik

by -192 Views
Rapat pleno KPU
Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi menetapkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2020 sebanyak 1.309.839 jiwa. Jumlah tersebut tersebar di 217 kelurahan/desa di 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

“Rinciannya jumlah pemilih laki-laki sebanyak 648.796 jiwa, dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 661.043 jiwa,” kata Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini kepada seblang.com,

iklan aston

Dia menjelaskan penetapan tersebut dilakukan melalui rapat pleno terbuka dengan mengundang PPK Se-Kabupaten Banyuwangi, Forkopimda, Bawaslu, dan Partai Politik di Ballroom Hotel Aston, Senin (14/9/2020).

“Dari seluruh data DPS yang telah ditetapkan tersebut selanjutnya akan dilakukan uji publik,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan, untuk meminta masukan masyarakat dengan cara menempelkannya di masing-masing tempat panitia pemungutan suara (PPS) atau di kantor desa/Kelurahan.

“Tujuannya untuk memberi ruang masyarakat untuk kroscek identitas dirinya. Apakah sudah masuk DPS atau belum?,” terangnya.

Dengan demikian, hasil uji publik menjadi masukan untuk menuju tahapan berikutnya yakni penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

“Jika ada warga yang belum terdaftar dalam DPS, bisa segera melapor ke sekretariat PPS atau PPK untuk segera dimasukkan sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap atau DPT, tahapan masukan masyarakat ini mulai 14 hingga 23 September 2020,“ pungkasnya. (guh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.