Polresta Banyuwangi Ringkus Pencuri Kayu Jati

by -327 Views
Girl in a jacket

Foto: Pelaku yang ditangkap polisi

Banyuwang, seblang.com – Aparat Kepolisian Kota (Polresta) Banyuwangi berhasil menangkap 4 tersangka pencuri kayu jati di hutan produksi yang beraksi di 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda di wilayah Banyuwangi.

iklan aston

Menurut Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, 4 (empat) tersangka tersebut melakukan pemotongan ataupun pencurian kayu jati untuk memiliki dan guna dijual sehingga memperoleh keuntungan bagi pelaku sendiri.

Kapolresta Banyuwangi menuturkan dari tersangka Eko Hariyanto (33 tahun), Subandi (49 tahun), Nur Sujoko (39 tahun) dan Edy Suyitno (49 tahun) petugas berhasil mengamankan beberapa Barang Bukti (BB) antara lain; sekitar 135 kayu gelondongan,  tiga unit truck, mesin chainshaw, kapak dan golok .

“Kapak dan golok gunanya sebelum memotong dengan menggunakan senso ini diawali dengan mengkapak daripada kayu tersebut sehingga bisa dipastikan untuk patahnya kayu dan arah tumbangnya sehingga terukur kemudian kayu  diukur diameternya serta dipotong sesuai dengan pesanan,” jelas Kombespol Arman Asmara.

Selain itu aparat kepolisian juga mengamankan ada beberapa kayu yang sudah diolah dalam bentuk papan,  ada papan ada balok dan gergaji yang digunakan untuk memotong kayu tersebut kemudian ada sepeda untuk mengangkut hasil potongan dan kayu yang kecil.

Lebih lanjut Kapolresta mengungkapkan pihaknya terus mengembangkan kasus ilegal logging yang terungkap dan ada salahsatu pelaku sementara dijadikan Daftar Pencarian Orang (DPO).

Para tersangka dijerat pasal 12 dua belas Undang undang nomor18  tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman pidana 10 tahun penjara. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.