Selama Satu Dekade, 3.800 Lebih Warga Banyuwangi Telah Menerima Operasi Katarak Gratis

by -140 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemkab Banyuwangi bersama PMI Banyuwangi dan John Fawcett Foundation kembali menggelar program operasi katarak gratis yang memasuki tahun ke-10 penyelenggaraannya.

Program yang berlangsung selama empat hari mulai Selasa (22/10/2024) di Kantor PMI Banyuwangi ini menargetkan 300 penerima manfaat.

iklan aston

“Selama satu dekade penyelenggaraan, lebih dari 3.840 warga telah menjalani operasi katarak gratis,” ungkap Plt Ketua PMI Banyuwangi Nurhadi. Program ini juga telah memberikan manfaat berupa pemasangan bola mata palsu gratis untuk 150 orang, kacamata gratis bagi 13.700 orang, pengobatan mata gratis untuk 7.000 orang, serta pemeriksaan mata bagi 6.800 siswa.

Plt Bupati Banyuwangi Sugirah menyampaikan bahwa program yang dimulai pada 2014 ini awalnya digelar setahun sekali. “Karena animo masyarakat sangat tinggi, pelaksanaannya ditingkatkan menjadi dua kali setahun,” jelasnya.

Untuk penyelenggaraan kali ini, delapan dokter mata dan puluhan tenaga kesehatan dikerahkan. Selain operasi katarak, program ini juga menyediakan layanan pemberian kacamata gratis untuk 800 orang, pengobatan mata gratis bagi 500 orang, pemeriksaan mata di sekolah-sekolah untuk 300 siswa, dan pemasangan bola mata gratis.

Kiran (70), salah satu penerima manfaat yang mengalami katarak pada mata kiri, mengungkapkan rasa syukurnya dapat mengikuti program ini. “Senang di sini bisa gratis,” ujarnya. Ia berharap penglihatannya dapat membaik setelah operasi sehingga bisa beraktivitas normal kembali.

Nurhadi menambahkan, selama satu dekade penyelenggaraan, program ini hanya pernah sekali tidak digelar yaitu pada masa pandemi Covid-19. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.