Cabor Silat Dipertandingan Lebih Awal Dalam Popda XIV Jatim 2024

by -2196 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Pemberangkatan tim silat Popda Banyuwangi di halaman kantor Dispora Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Cabang olahraga (Cabor) Pencak Silat dipertandingan lebih awal dalam dalam Popda XIV Jatim 2024 Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Timur (Jatim) XIV tahun 2024 yang digelar di Kabupaten Bangkalan.

Setelah melakukan persiapan yang maksimal kontingen silat Banyuwangi berangkat dari kantor Dispora Banyuwangi dan dilepas langsung oleh Plt Kadispora Banyuwangi bersama dengan jajaran pengurus IPSI dan orangtua/wali atlet pada Minggu (20/10/2024) malam.

iklan aston

Mereka dijadwalkan akan bertanding di Bangkalan mulai 22 – 26 Oktober 2024 di Aula STKIP Bangkalan.

Menurut Plt Kepala Dispora Banyuwangi M. Alfin Kurniawan, Dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi berupaya selektif dalam mengirimkan atlet dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Timur (Jatim) XIV tahun 2024 yang digelar di Kabupaten Bangkalan.

Dia menuturkan, sejak awal pihaknya meminta agar masing-masing cabang olahraga (Cabor) memilih atlet yang terbaik dan diperkirakan mampu bersaing dengan peserta dari kabupaten/kota Jatim yang lain.

“Selanjutnya kami ingin atlet fokus dalam mengikuti pertandingan sehingga hotel, konsumsi dan akomodasi lain Dispora yang menyiapkan. Kami menjalin kerjasama dengan 3 hotel dan katering disana untuk memenuhi kebutuhan atlet,” ujar Alfin di ruang kerjanya pada Senin (21/10/2024).

Dia menuturkan pihaknya berupaya memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan Popda Jatim 2024 di Bangkalan. Karena dengan jumlah peserta se Jatim cukup banyak. Sedangkan jumlah hotel yang ada tidak banyak. “Sehingga sejak sekitar Juli 2024 sudah koordinasi dengan hotel dan katering agar tidak kehabisan tempat akhirnya terpaksa menginap di rumah-rumah warga,” tambah Alfin.

Lebih lanjut dia mengungkapkan karena berbagai keterbatasan, ada beberapa cabor yang memberangkatkan atlet secara mandiri, misalnya bola voli. Dispora berharap layanan kepada atlet sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Untuk kaos dan atribut lain diharapkan dengan sama yang diberikan oleh Dispora. Untuk penginapan apabila tinggal di homestay minimal atlet, official dan pendamping tidur di kasur dan tidak di lantai,” tambahnya.

Dalam mengikuti Popda XIV Jatim tahun 2024, menurut Alfin kontingen Banyuwangi diharapkan mampu memperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan raihan sebelumya.

“Kami sampaikan kepada para atlet untuk berupaya maksimal menerapkan hasil latihan yang sudah dilakukan, mental harus kuat dan harus ngotot. Perkara hasil Allah yang menentuk, jadi manusiai hanya berusaha dan jangan sampai minta restu dan doa orangtua,”pungkas Alfin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.