Pelaku Seni Makan Nasi Bungkus dan Rujak Soto Bareng Cabup Banyuwangi Gus Makki 

by -1498 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Sejumlah seniman mengutarakan keluh kesah kepada Calon Bupati (cabup) Banyuwangi, Ali Makki Zaini atau Gus Makki, dalam sebuah pertemuan di warung rujak soto Lingkungan Singowigyo, di Kelurahan Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi Jatim pada Kamis (17/10/2024).

Mereka menyampaikan berbagai aspirasi, terutama terkait kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap pelestarian dan pengembangan kesenian tradisional yang menjadi ciri khas Banyuwangi.

iklan aston

Salah seorang seniman sekaligus pelaku seni, Suripto mengungkapkan bahwa minimnya dukungan berupa fasilitas, pembinaan, dan promosi membuat mereka kesulitan untuk terus berkarya.

“Saya selama Pak Anas jadi bupati tidak pernah dapat bantuan. Pernah dapat bantuan tapi tidak bisa cair, karena tidak punya surat Kemenkumham. Akhirnya kobong Pak,” ucap pemilik kesenian jaranan Singo Barong.

Dia berharap pemerintah bisa memberikan lebih banyak ruang untuk berkarya, termasuk program pembinaan bagi generasi muda agar kesenian tradisional tidak punah.

Gus Makki Cabup Banyuwangi nomor urut 2 berpasangan dengan Ali Ruchi pada Pilkada 2024 yang dikenal dekat dengan masyarakat, mendengarkan dengan seksama setiap keluhan yang disampaikan.

Pengasuh pondok pesantren Bahrul Hidayah, Desa Parijatah Kulon, Srono itu berjanji akan memperjuangkan hak-hak para pelaku seni dan seniman kecil jika dirinya terpilih menjadi Bupati Banyuwangi.

“Yang kita lakukan adalah melakukan legalisasi, itu kita fasilitasi. Pemerintah memfasilitasi bagaimana sanggar-sanggar kecil itu punya legalitas,” tegas Gus Makki.

Selain itu, Gus Makki juga menyampaikan rencananya untuk membangun infrastruktur yang memadai bagi para pelaku seni. “Saya percaya, seni budaya adalah salah satu kekuatan Banyuwangi untuk menarik wisatawan, dan itu harus kita dukung sepenuhnya,” tambahnya.

Selama berkampanye di wilayah Kecamatan Banyuwangi,Gus Makki juga menyempatkan makan nasi bungkus bersama di emperan warung di barat Kelurahan Pengantigan. Selain itu, juga menemui para nelayan di Kampung Ujung Kelurahan Kepatihan dan Pulau Santen, Kelurahan Karangrejo Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.