Silaturahmi ke Kantor Redaksi Seblang.com, Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Agung : Satlantas Jendela Polisi

by -56 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Bagi masyarakat umum, petugas kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) sering kali menjadi wajah pertama yang mereka lihat dari institusi kepolisian. Maka dari itu, tak salah jika Kompol Agung Fitriansyah yang baru saja menjabat Kasatlantas Polresta Banyuwangi mengungkapkan “Satlantas Jendela Polisi”.

“Satlantas adalah Jendela Polisi. Karena
tidak hanya bertugas mengatur lalu lintas, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam membangun citra positif kepolisian di mata publik,” ungkap Kompol Agung saat bersilaturahmi dengan awak media di kantor redaksi seblang.com, Selasa (15/10/2024).

iklan aston

“Kami sadar betul bahwa setiap interaksi dengan masyarakat adalah kesempatan untuk membangun kepercayaan. Sikap kami di jalan, cara kami berkomunikasi, semua itu mencerminkan institusi kepolisian secara keseluruhan,” imbuhnya.

Terlebih dalam Operasi Zebra Semeru 2024 yang berlangsung selama dua pekan ke depan, mulai tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. “Banyak yang melihat kami hanya sebagai ‘pencari kesalahan’. Padahal, prioritas kami adalah keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas bagi semua pengguna jalan,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra 2024 dengan menciptakan budaya tertib lalu lintas.

“Tujuan Operasi Zebra Semeru 2024 ini tidak hanya untuk mengedukasi dan menindak pelanggar, tetapi juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Keselamatan di jalan adalah tanggung jawab bersama,” tegas Kompol Agung.

Menurut Kompol Agung, kecelakaan lalu lintas sering bermula dari pelanggaran yang dilakukan pengemudi. Oleh karena itu, petugas di lapangan diberikan kewenangan melakukan tilang secara manual terhadap pengendara yang melanggar aturan. Polisi juga akan menerapkan tilang elektronik berbasis ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) statistik dan mobile.

“Kamera CCTV telah dipasang di berbagai titik untuk mendeteksi pelanggaran selama Operasi Zebra Semeru 2024,” tambah Kompol Agung.

Meskipun demikian, Kompol Agung menginstruksikan jajarannya untuk mengedepankan pendekatan “Sosialisasi dan Edukasi”. Ia menegaskan komitmen Satlantas Polresta Banyuwangi meningkatkan kualitas pelayanan.

“Sebagai Jendela Polisi, kami bertekad menjadi cerminan nilai-nilai terbaik kepolisian: melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.