Pemkab Banyuwangi Raih Penghargaan Penyelenggaraan Air Minum Aman dari Kementerian PUPR

by -51 Views
Wartawan: Teguh Prayitno
Editor: Herry W. Sulaksono
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berhasil meraih penghargaan Penyelenggaraan Air Minum Aman dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kabupaten ini terpilih sebagai salah satu dari tiga besar peraih penghargaan dari total 541 kabupaten/kota se-Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljo menyerahkan penghargaan kepada Pj. Sekda Banyuwangi Guntur Priambodo pada Sabtu (15/10/2023) di Yogyakarta. Kementerian PUPR mengapresiasi Banyuwangi atas komitmen dan prestasinya dalam mencapai Akses Air Minum Aman sesuai prinsip 3K (Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas).

iklan aston

“Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus menjaga ketersediaan sumber mata air bersih guna menyediakan air minum yang berkualitas dan aman bagi masyarakat,” ujar Guntur Priambodo, Selasa (15/10/2024).

Pemkab Banyuwangi telah melakukan berbagai upaya untuk menyediakan akses air bersih bagi masyarakat, bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM). Salah satu langkah konkret adalah membangun 1.027 sambungan rumah (SR) air bersih gratis di 10 desa selama tahun 2024.

Selain itu, Pemkab juga fokus pada perawatan 348 sumber mata air yang tersebar di berbagai wilayah. Sumber-sumber ini diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan air bersih penduduk Banyuwangi yang mencapai 257 juta liter per hari. Upaya pelestarian ini juga diwujudkan dalam bentuk Festival Mentari (Menjaga Mata Air) yang digelar setiap tahun.

Direktur Utama PUDAM Banyuwangi, Abdurrahman, menjelaskan bahwa penilaian penghargaan meliputi aspek administrasi dan lapangan. Tim penilai dari Kementerian PUPR melakukan pemeriksaan langsung di Sumber Mata Air Gedor, Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, serta memeriksa reservoar di Kalipuro.

“Penilaian juga mencakup wawancara dengan warga pengguna air bersih di lokasi tertinggi, terdekat, dan terjauh dari instalasi air,” tambah Abdurrahman.

Dengan pencapaian ini, Pemkab Banyuwangi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian sumber daya air di wilayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.