Plt Bupati Malang Cek Kondisi Terkini Jalan Wilayah Desa Srigoonco Sebelum Pelaksanaan Pekerjaan

by -69 Views
Wartawan: Achmad Suseno
Editor: Herry W. Sulaksono
Ket foto. Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto (tiga dari kanan) saat berbincang dengan Kepala Dinas PU Bina Marga Khairul Isnaidi Kusuma (dua dari kiri) didampingi Camat Bantur dan Kepala Desa Srigoonco
iklan aston

Malang, seblang com – Untuk memperlancarkan koneksitas antarwilayah yang menuju Pantai selatan, Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengecek kondisi terkini titik ruas jalan Desa Srigoonco di Kecamatan Bantur yang akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

“Insyaallah dalam 10 hari ke depan akan dimulai pekerjaannya, hari ini kita turun ke lapangan melihat titik krusial yang harus kita selesaikan bersama PU Bina Marga kabupaten Malang, Insyaallah tahap pertama nanti kita selesaikan,” ungkap Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat diwawancara awak media di sekitar Jembatan Pelangi Desa Srigoonco, Rabu (9/10/2024).

iklan aston

Karena ruas jalan yang akan dikerjakan akan dilebarkan, saat dilakukan pengeprasan dan penebangan pohon yang ada di pinggir jalan agar memudahkan dalam pelebaran jalan nanti, minggu berikutnya, alat alat berat akan datang untuk mempersiapkan pekerjaan jalan tersebut.

“Setelah pengeprasan dan penebangan pohon yang ada di pinggir jalan di wilayah Kecamatan Bantur dan alat alat berat akan datang, dan Minggu berikutnya akan ada pekerjaan pekerjaan kecil pra kegiatan sebelum dimulai,” beber Plt Bupati Didik.

Untuk titik ruas jalan yang akan dikerjakan dari Desa Wonokerto menuju persimpangan Balekambang dan pertigaan Gondanglegi menuju Wonokerto, ada dua Lot ruas jalan yang akan dikerjakan nantinya.

“Jadi dari arah Selatan (persimpangan Balekambang) menuju Utara (Wonokerto) dan tengah (Wonokerto) ke Utara (pertigaan Gondanglegi), sedangkan total keseluruhan jalan yang akan dikerjakan sekitar 30,4 Km,” kata Didik.

Sedangkan untuk pembebasan lahan untuk pelebaran jalan sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Malang terus dalam proses penyelesaian bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang dibantu Forkopimcam Bantur.

“Secara keseluruhan Insyaallah karena ini (proyek jalan) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang semuanya dilakukan ol h Pemerintah Pusat, sedangkan Pemkab Malang bertugas memfasilitasi dimana ada Forkopimcam Bantur yang akan memberikan edukasi terhadap warga yang sampai hari ini dimungkinkan masih keberatan tanahnya dipergunakan untuk pelebaran jalan,” terang Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto.

Sedangkan Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma mengatakan pihaknya hari ini sedang melakukan pemotongan pohon yang ada di pinggir jalan mulai dari pertigaan Gondanglegi menuju Desa Srigoonco Bantur.

“Karena proyek jalan nasional ini diperlukan pelebaran jalan maka hari ini kami dari PUBM melaksanakan penebangan pohon pohon yang ada di pinggir jalan yang terkena pelebaran jalan,” tandas Khairul Isnaidi Kusuma.

Anggaran yang direncanakan untuk proyek peningkatan jalan Gondanglegi-Balekambang menjadi jalan kelas nasional adalah sekitar Rp 360 miliar. Anggaran ini belum termasuk pembebasan tanah dan pekerjaan ini merupakan pekerjaan besar yang melibatkan pelebaran dan peningkatan jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.