BPIP RI Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pasuruan Jawa Timur

by -271 Views
Sesi foto bersama antara para narasumber dengan peserta sosialsiasi
iklan aston

Pasuruan, seblang.com – Dalam rangka menguatkan dan pemahaman idiologi Pancasila di tengah-tengah masyarakat, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) RI bersama mitra kerja DPR RI Komisi II, melaksanakan kegiatan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila di Pasuruan Jawa Timur, 28 September 2024.

Selain diikuti ratusan peserta sosialisasi, Hadir dalam kegiatan tersebut, H Aminurokhman SE MM sebagai Anggota Komisi II DPR RI, Abbas SH MH Direktur Analisis dan Penyelarasan BPIP, serta Muzamil Syafi’i, SH MSi sebagai Ketua Majelis Alumni IPNU Jawa Timur.

iklan aston

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pemutaran video BPIP dan Salam Pancasila. Sosialiasi berikutnya, penyampaian materi yang disampaikan beberapa narasumber, di antaranya dari Aminurokhman SE MM sebagai anggota komisi II DPR RI.

Dalam penjelasannya ia memaparkan, tentang salah satu permasalahan utama terkait dengan lemahnya aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah karena masih rendahnya keteladanan .

“Pentingnya penguatan dan pemahaman ideologi Pancasila bagi masyarakat. Sosialisasi ini merupakan usaha berkesinambungan dalam membumikan kepancasilaan. Dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa menjadikan Pancasila sebagai alat untuk hidup rukun dan damai dalam berbangsa dan bernegara. Kita berharap kepada semua peserta sosialisasi ini,” katanya.

“Masyarakan dapat lebih paham tentang idiologi Pancasila, serta bisa menyampaikan kepada warga lainnya, agar menciptakan masyarakat yang Pancasilais yang mampu membawa semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila merupakan ideologi dan landasan negara yang menjadi perekat bangsa Indonesia,” urainya.

Sedangkan, Abbas SH MH Direktur Analisis dan Penyelarasan BPIP RI menerangkan, mengenai merawat dan melestarikan Pancasila Kekinian. Salah satunya adalah dengan perbanyak konten di akun medsos yang ekspos keindonesiaan, keberagaman, nilai luhur, nasionalisme. Juga mengadakan lomba konten Pancasila.

Sebagai falsafah bangsa Pancasila merupakan sumber bagi nilai-nilai yang terkandung di dalam konstitusi. Kegiatan sosialisasi terkai penanaman ideologi Pancasila untuk masyarakat Indonesia.

“BPIP berupaya maksimal untuk membuat generasi bangsa yang tangguh, serta generasi yang memahami pentingnya menguatkan ideologi Pancasila. BPIP bertanggung jawab kepada Presiden, juga memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan,” terangnya. (ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.