Luncurkan Program Sambang Sumber, Perumda Tirta Kanjuruhan Perluas Akses Air Bersih di Kabupaten Malang

by -220 Views
Bupati Malang saat melakukan penanaman bibit pohon di area IPA air Goa Kalisat kecamatan Pagak
iklan aston

Malang, seblang com – Dalam upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan menjaga kelestarian sumber daya air, Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang meluncurkan program “Sambang Sumber” di Instalasi Pengelolaan Air Goa Kalisat, Desa Sumbermanjingkulon, Kecamatan Pagak Kabupaten Malang.

Menurut Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi, untuk memperluas Akses Air Bersih sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertanggung jawab atas penyediaan air minum bagi masyarakat Kabupaten Malang, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan cakupan layanan.

iklan aston

“Saat ini, perusahaan mengelola 69 titik sumber air baku dengan kapasitas produksi mencapai 1.733 liter per detik, melayani 158.359 sambungan rumah (SR),” ungkap Syamsul Hadi pada awak media, Selasa (24/09/2014).

Bupati Malang H.M Sanusi bersama jajaran Direksi dan staf Perumda Tirta Kanjuruhan Malang usai launching program “Sambang Sumber”

Syamsul mengakui bahwa cakupan layanan masih belum optimal, oleh karena itu, perusahaan terus berupaya memperluas akses air bersih melalui berbagai program, salah satunya adalah program “Panjat 2024″.

“Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan sambungan rumah baru dengan mudah dan bersubsidi,” kata Syamsul.

Jaga Kelestarian Sumber Daya Air

Selain fokus pada perluasan akses air bersih, Perumda Tirta Kanjuruhan juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya air. Program “Sambang Sumber” merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut.

Melalui program ini,perusahaan akan melakukan pembersihan dan penanaman pohon di seluruh titik sumber air baku yang dikelola.

“Kami berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan ketersediaan air bersih,” ujar Abah Syamsul.

Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang baik, Perumda Tirta Kanjuruhan berhasil meraih penghargaan Perpamsi Award 2024 dengan kategori “Best Local Government Support“.

“Penghargaan ini diberikan atas support Bupati Malang HM Sanusi selaku KPM di Perumda Tirta Kanjuruhan dalam mewujudkan perluasan akses air bersih bagi warga Kabupaten Malang,” terang orang nomor satu di perusahaan daerah plat merah ini.

Sebelumnya, Bupati Malang mengharapkan agar Perumda Tirta Kanjuruhan terus kerja keras membantu kelancaran distribusi air minum untuk wilayah Kabupaten Malang.

“Khususnya untuk warga Malang Selatan melalui perawatan sumber air dan kawasan air permukaan,” beber Abah Sanusi di area IPA air Goa Kalisat kecamatan Pagak pada (23/09).

Dirinya mengintruksikan kepada Perumda Tirta Kanjuruhan untuk melanjutkan program sambungan baru yang terjangkau, serta pembangunan SPAM yang merata.

“Saya berkomitmen besar untuk warga kabupaten Malang terkait penyediaan air minum tetap tersedia dan lancar distribusinya, tidak lupa pentingnya menjaga dan merawat sumber air sebagai aset vital bagi kehidupan masyarakat,” tandas Bupati Malang.

Pada kesempatan itu, Bupati Malang H.M Sanusi secara simbolis menyerahkan bibit pada 27 Kepala Unit Perumda Tirta Kanjuruhan se-Kabupaten Malang, dan pohon yang akan ditanam di 44 titik sumber air dan kawasan air permukaan dengan jumlah total bibit Pohan yang ditanam ada 1000 bibit.

Hadir pada Launching “ Sambang Sumber “, Pj Sekretaris Daerah, Forkopimda, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh jajaran direksi dan staff Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang serta Muspika dan masyarakat Pagak.///////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.