Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, KAI Daop 9 Jember Bersama Stakeholder Sosialisasi Keselamatan Perlintasan Sebidang

by -18 Views
iklan aston

Jember, seblang.com – Sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang (JPL) terus digalakkan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember.

Sosialisasi tersebut, dilakukan di JPL 163 ruas antara Stasiun Jember-Arjasa.

iklan aston

Vice President KAI Daop 9 Jember, Hengki Prasetyo menyampaikan kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Jawa dan Sumatera untuk menekan angka kecelakaan sebidang.

Serta bertujuan melakukan penindakan atas pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang oleh pihak kepolisian.

“Kami bersama Satlantas Jember, Dishub, dan Railfans melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang, termasuk penegakkan hukum di tempat,” ucap Hengky saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai sosialisasi, Kamis (19/9/2024).

 

“Ada dua kali sesi sosialisasi yang kami lakukan. Momennya menunggu saat KA Sri Tanjung dan Probowangi melintas. Tujuannya, agar masyarakat lebih disiplin dalam berlalu lintas khususnya di perlintasan kereta. Juga agar tidak melintas rel, saat palang pintu KA sudah turun,” sambungnya menjelaskan.

Pihaknya mengungkapkan alasan dipilihnya perlintasan JPL 163 itu, karena merupakan jalur nasional. Penghubung antara Kabupaten Jember-Bondowoso.

“Berdasarkan pengamatan kami, data kami, lalu lintas harian rata -ratanya cukup tinggi. Sehingga ketika kita melakukan sosialisasi di sini, jangkauannya (masyarakat yang mendapat edukasi) lebih luas,” sambungnya menjelaskan.

Dari pantauan di lapangan, ada sekitar 5 pengendara motor yang mendapat penindakan dari Polantas. Pasalnya, mereka tidak mengenakan helm saat berkendara.

“Karena tidak mengenakan helm juga masuk dalam kategori pelanggaran di perlintasan sebidang yang dapat berakibat fatal,” ungkapnya.

Terpisah, Kanit Regident Satlantas Polres Iptu M. Ibnu Katsir Rizka, mengatakan pihaknya bersama dengan KAI Daop 9 melakukan sosialisasi wilayah perlintasan kereta api.

“Kita melakukan penindakan yang bersifat teguran, kepada pengendara yang melanggar lalu lintas. Selain itu, kita juga memberikan reward kepada pengendara yang tertib lalu lintas. Kita berikan beberapa souvenir berupa bunga dan sebagainya sebagai bentuk apresiasi,” tandasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.