Tak Terbitkan B.1-KWK Cakada Jember 3 Partai Tidak Bisa Ikut Kontestasi Pilkada Tahun 2029

by -424 Views
Keterangan foto : Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jember Hendra Wahyudi saat dikonfirmasi sejumlah wartawan diruangannya Kantor KPU Jember.
iklan aston

Jember, seblang.com – Tercatat 3 partai politik (Parpol) non parlemen tidak bisa mengusung Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember 2029 mendatang.

Ada tiga partai non parlemen yang tidak memberikan dukungan atau mengusung bakal paslon siapapun, bahkan tidak menerbitkan form. B.1-KWK. Di antaranya Partai Hanura, Perindo, dan Partai Ummat.

iklan aston

Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jember Hendra Wahyudi mengatakan, untuk ketiga Parpol yang tidak menyertakan B.1-KWK atau dukungan. Tidak akan bisa mengusung Paslon pada kontestasi Pilkada 2029 mendatang.

“Untuk konsekuensinya seperti apa? Untuk parpol-parpol yang tidak menyertakan B.1-KWK, maka partai tersebut pada pilkada yang akan datang tidak bisa mengusung calonnya sendiri,” ucap Hendra, Senin (2/9/2024).

Kemudian, pihaknya juga belum melakukan koordinasi lebih lanjut dengan ketiga partai tersebut.

“Bahkan juga belum ada konfirmasi sama sekali dari ketiga parpol tersebut,” ujarnya.

Sehingga ketiga partai non parlemen itu, kata Hendra, sudah tidak bisa menyerahkan dokumen B.1-KWK.

“Juga sudah terlambat. Karena batas penyerahan B.1-KWK sebenarnya sudah selesai, karena itu seharusnya dibutuhkan pada waktu pendaftaran bapaslon (28-29 Agustus 2024) kemarin, paparnya.

“Dari 18 partai yang ada di Jember. Hanya ada 15 partai yang ikut dalam kontestasi Pemilukada. Ya dikurangi tiga partai yang tidak ikut itu,” sambungnya.

Perlu diketahui, untuk Paslon Hendy-Gus Firjaun diusung hanya oleh PDI Perjuangan. Sedangkan untuk paslon Gus Fawait-Djos diusung oleh 14 partai, di antaranya tujuh partai parlemen yakni Gerindra, Nasdem, PKB, PKS, Golkar, PAN, dan PPP.

Kemudian tujuh partai non parlemen, yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda, dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), PSI, dan Demokrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.