Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siapkan Alas Purwo Jungle Run Banyuwangi Menjadi Agenda Tahunan

by -218 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Meriah dan seru mewarnai lomba lari Alas Purwo Jungle Run (APJR) 2024 Banyuwangi yang digelar di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Minggu, (25/8/2024). Alas Purwo adalah sebuah taman nasional yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim).

Menurut Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI), Alue Dohong meskipun gelaran APJR 2024 yang perdana dilaksanakan di hutan tertua di Pulau Jawa, pihaknya mendorong APJR menjadi agenda lomba lari tahunan yang dapat diikuti pelari internasional.

iklan aston

“Ini pengalaman luar biasa menurut saya, makanya saya tak ragu mengusulkan untuk menjadi Alas Purwo International Jungle Run. Karena yang kita alami, pantai yang indah, masuk hutan, jalur trekking yang baik,” ujar Alue yang turut menjajal rute lari APJR 2024 tersebut.

Dengan berlari di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) yang memiliki karakteristik unik pada setiap sisinya, para pelari akan mendapatkan forest healing yang baik untuk tubuh dan pikiran, tambahnya,

APJR 2024 juga menjadi edukasi konservasi keanekaragaman hayati kepada masyarakat luas dan sarana promosi destinasi sport tourism di Kabupaten Banyuwangi.

“Ada keunikan hutan, religi tourism, meditasi, kultur budaya, pemandangan, hingga ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing. Ini paket lengkap, kombinasi yang bagus dari Alas Purwo,” tuturnya.

Untuk diketahui, APJR 2024 merupakan rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dan Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Ke-75, kolaborasi antara KLHK dengan UGM yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Diikuti 877 peserta yang dibagi dalam dua kategori yaitu; 6 Kilometer (KM) dan 12 (KM). Untuk tempat start-finish di Pantai Triangulasi TNAP. Untuk lomba lari kategori terbuka laki-laki dan perempuan (Open Men – Women), para juara mendapatkan berbagai macam hadiah menarik berupa; piagam penghargaan, trophy, uang pembinaan dan merchandise.

Selain lari di tengah hutan, rangkaian kegiatan APJR 2024 juga dilengkapi dengan berbagai aksi konservasi, diantaranya; pelepasan tukik sebanyak 1.500 ekor, penanaman pohon dan pembagian 1.100 bibit tanaman untuk finisher.

Tak hanya itu, event tersebut juga melibatkan partisipasi masyarakat sekitar kawasan TNAP Banyuwangi yang bergelut di bidang penyedia jasa transportasi, akomodasi, makanan/minuman hingga souvenir untuk memberikan multiplier effect bagi masyarakat Banyuwangi, khususnya yang ada di kawasan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.