Ribuan Pelajar Banyuwangi Meriahkan Karnaval Kemerdekaan dengan Busana Etnik Nusantara

by -206 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kemeriahan menyelimuti Karnaval Merdeka yang digelar Pemkab Banyuwangi dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Selasa (20/8/2024). Ribuan penonton memadati rute sepanjang 2,5 kilometer untuk menyaksikan parade yang menampilkan keberagaman Indonesia.

Hampir 2000 pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK, baik negeri maupun swasta se-Banyuwangi, turut berpartisipasi dalam karnaval. Mereka mengenakan busana dan membawa atribut yang mencerminkan keragaman seni dan budaya Indonesia.

iklan aston

“Karnavalnya luar biasa. Ini bisa menginspirasi generasi muda untuk lebih mengenal kekayaan budaya Indonesia,” ujar Astiyah, salah seorang penonton yang terkesima.

Para pelajar memamerkan keberagaman Indonesia melalui kostum, tarian, dan pertunjukan teatrikal. Mereka mempresentasikan adat istiadat dari berbagai daerah, termasuk Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Aceh, dan wilayah Nusantara lainnya.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menegaskan bahwa Karnaval Merdeka ini bukan sekadar perayaan, melainkan sarana untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. “Karnaval ini menjadi ajang untuk mempererat rasa persaudaraan seluruh elemen masyarakat di Banyuwangi,” katanya.

Ipuk menambahkan, “Melalui karnaval ini, kami ingin menunjukkan bahwa Banyuwangi adalah miniatur kebhinekaan Indonesia. Keberagaman suku, budaya, dan agama justru menjadikan kami semakin kuat, bukan terpecah belah.”

Karnaval dibuka dengan penampilan drumband, diikuti barisan pembawa bendera merah putih. Di belakangnya, berbagai kontingen dengan kostum khas daerah memvisualisasikan keberagaman Indonesia. Beberapa kelompok juga menyajikan fragmen yang menggambarkan tradisi dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Salah satu penampil yang menonjol adalah kontingen SMP I Kabat yang mengusung tema adat Jawa Tengah. Selain mengenakan kostum tradisional, mereka juga memperkenalkan ragam kuliner, tradisi, dan kesenian khas Jawa Tengah.

Tidak kalah menarik, rombongan SMPN I Banyuwangi membawakan budaya Sulawesi dengan memamerkan kostum, kesenian, hingga miniatur rumah adat tongkonan yang khas.

Karnaval Merdeka ini tidak hanya berhasil menghibur masyarakat, tetapi juga menjadi wadah pembelajaran dan penguatan nilai-nilai kebhinekaan bagi generasi muda Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.