Melalui Pawai Budaya Desa Kembiritan Banyuwangi Ajak Masyarakat Lestarikan Jati Diri Bangsa

by -186 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang,com – Meriah pawai budaya tingkat desa di Desa Kembiritan Kecamatan Genteng Banyuwangi yang di ikuti oleh siswa -siswi SD, SMP, SMA dan umum berlangsung meriah.

Paaiini diikuti oleh ratusan peserta yang mengangkat berbagai macam tema kebudayaan. Kepala Desa Kembiritan Sukamto mengatakan pawai budaya oleh warga desa Kembiritan kecamatan genteng ini menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai warisan budaya bangsa.

iklan aston

“Pawai budaya ini bukan hanya sekadar hiburan, tapi juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang menjadi jati diri bangsa kita. Saya sangat bangga melihat partisipasi masyarakat yang luar biasa, ini menunjukkan bahwa semangat kemerdekaan masih sangat hidup di hati kita semua,” kata Sukamto  Selasa (20/8/24) .

Pawai budaya ini menampilkan berbagai atraksi dari beragam komunitas dan sekolah yang ada di wilayah Desa Kembiritan , mulai dari tarian tradisional, kostum adat, kostum dari bahan – bahan daur ulang seperti plastik kresek hingga iringan musik khas daerah.

Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semuanya larut dalam euforia perayaan, menambah semarak suasana pawai yang berlangsung dengan sangat meriah.

Selain itu ketua panitia pawai budaya Desa Kembiritan Agus Purnomo juga menambahkan, kegiatan pawai budaya ini selain menampilkan keragaman budaya, pawai ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi warga Desa Kembiritan. Dengan adanya pawai budaya warga saling berinteraksi, berbagi cerita, dan tentunya kegiatan ini memperkuat ikatan kekeluargaan di antara sesama warga.

“Kegiatan seperti ini sangat penting, terutama untuk generasi muda. Mereka bisa belajar dan memahami betapa kayanya budaya Indonesia. Ini juga membangkitkan rasa bangga terhadap identitas sebagai bangsa yang memiliki keberagaman budaya,” tambah Agus

Dengan keberhasilan pawai budaya ini, Desa Kembiritan dikatakan berhasil dalam menciptakan momen yang tak terlupakan bagi warga, sekaligus memperkokoh semangat persatuan dalam kebhinekaan yang selalu menjadi ciri khas Indonesia.

“Pawai ini pun diharapkan dapat terus menjadi tradisi tahunan yang dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Kembiritan,” pungkasnya.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.