Peringati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Pokmaswas Pantai Wonosari Banyuwangi Gelar Pelepasan Tukik dan Jalan Sehat 

by -222 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dalam menyemarakan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pawon Jaya mengadakan jalan sehat dan pelepasan tukik di garis Pantai Wonosari Sobo Banyuwangi pada Minggu (18/8/ 2024)

Pelaksanaan kegiatan tersebut mengangkat tema “Pariwisata Pantai Wonosari Sobo Berkelanjutan Membangun Banyuwangi Emas Sehat Warganya Makmur Bangsanya”, agenda pelepasan tukik dan jalan sehat tersebut digelar bersama Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas), KUB Pawon Jaya, Mahasiswa Uniba Banyuwangi yang melaksanakan program KKN yang bertindak sebagai panitia pelaksana dan masyarakat sekitar Pantai Wonosari Sobo.

iklan aston

Acara pelepasan tukik dan jalan sehat kemerdekaan tersebut diikuti sekitar 300 orang lebih di Pantai Wonosari Sobo berlangsung meriah dan semarak. Acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) tersebut dibuka dengan pelepasan puluhan tukik di garis Pantai Wonosari.

Pelepasan tukik tersebut merupakan edukasi bagi masyarakat Banyuwangi terkait konservasi penyu sekaligus gerakan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian eko sistem laut yang menjadi habitat penyu.

Ketua Pokdarwis Alvin Hidayat mengungkapkan konservasi penyu ini mendapat dukungan dari Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi. Dengan adanya konservasi tersebut Pantai Wonosari Sobo Banyuwangi selain menjadi destinasi wisata juga tempat edukasi bagi masyarakat dan konservasi penyu atau menjadi lokasi penangkaran penyu.

Setelah melakukan pelepasan tukik, peseta jalan sehat dilepas oleh panitia bersama warga setempat menyusuri jalan perkampungan yang ada disekitar lokasi pantai dengan titik berangkat dan finish di Pantai Wonosari.

Dalam upaya menyemarakkan gelaran jalan sehat tersebut, panitia juga menyiapkan beberapa hiburan seperti antara lain; Seni Budaya Barong Lancing Singokencono Singotrunan dan live musik.

Selain itu panitia pelaksana juga telah menyiapkan berbagai macam hadiah menarik, antara lain; sepeda gunung, kipas angin, televisi dan lain-lain. Peserta jalan sehat yang beruntung akan mendapatkan hadiah apabila nomornya sesuai dengan yang diambil panitia dalam acara undian.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi melalui, Pengawas Bidang Penangkapan Supriyanto mengungkapkan pihaknya sangat mendukung upaya Pokdarwis dan KUB Pawon Jaya untuk membangun konservasi penyu di Pantai Wonosari Sobo.”Pelepasan tukik merupakan program dari Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi dengan tujuan untuk konservasi penyu,” ujarnya

Supriyanto menambahkan pihaknya akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan dalam pembangunan konservasi penyu khususnya KUB Pawon Jaya di Pantai Wonosari Sobo Banyuwangi.

Sehari sebelumnya pada Sabtu 17 Agustus 2024 yang bertepatan dengan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, anggota Pokmaswas Pantai Wonosari dan para Mahasiswa KKN Uniba 2024 juga menggelar upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI secara sederhana dan khitmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.