Semarakkan Hari Kemerdekaan RI, Pemdes Kebaman Banyuwangi Gelar Parade Budaya Hingga Sholawatan

by -340 Views
iklan aston

Foto : Kepala Desa Kebaman juga turut memeriahkan parade budaya tersebut, (ist).

Banyuwangi, seblang.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Ke – 79 RI Pemerintah Desa Kebaman, Kecamatan Srono, menggelar sejumlah kegiatan Agustusan.

iklan aston

Semarak kemerdekaan tahun 2024 tersebut menurut Alif Burhanuddin, S.Pd., Kepala Desa Kebaman, diawali agenda Festival Tari. Pesertanya pelajar dari tingkat Paud, TK, RA, hingga SD, dan MI sewilayah Desa Kebaman.

Lomba tari khas Banyuwangi ini digelar di pendopo desa, dari Tanggal 1 Agustus hingga Tanggal 5 Agustus 2024. Berlangsungnya kegiatan menurutnya juga melibatkan para pelaku UMKM wilayah desa setempat.

Karnaval bertemakan ‘Parade Budaya Pelangi Nusantara” tingkat Paud, TK, RA, SD, dan Mi digelar pada Tanggal 8 Agustus 2024. Untuk Paud dan TK, serta RA, ‘start’ Pukul 13.00 WIB, dari Kantor Desa Kebaman menuju ‘finish’ MAN 3 Banyuwangi. SD dan MI ‘start’ dari MI Dusun Sukomukti, ‘finish’ Man 3 Banyuwangi, Kecamatan Srono.

Sedangkan karnaval tingkat SMP, SMA dan Umum digelar Tanggal 11 Agustus 2024, start Pukul 10.00 WIB, dari utara Lapangan Wirabumi, menuju Dusun Wagud, Desa Kebaman.

Tanggal 15 Agustus 2024, Pemdes Kebaman menggelar sholawatan bersama masyarakat bertempat di Lapangan Wirabumi. Mengundang 3 majelis sholawat yakni, majelis sholawat Shobaro, Al Amin, dan Syubbanul Muhajirin. Lantunan sholawat bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad S.A.W ini dikumandangkan dari Pukul 19.00 WIB.

Kegiatan ditutup dengan agenda malam resepsi kemerdekaan pada Tanggal 1 September 2024, sekaligus memberikan trophy piala penghargaan kepada pemenang festival tari dan karnaval parade budaya, bertempat di pendopo desa setempat.

“Alhamdulillah kegiatan yang sudah dilaksanakan berjalan sesuai harapan. Pelaku UMKM juga turut ketiban berkah, lantaran dagangannya laris. Warga juga sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Semoga kegiatan ini bisa menjadikan warga masyarakat lebih guyub, rukun, untuk menjadikan desa Kebaman bersama masyarakatnya lebih maju,” pungkas Alif Burhanuddin, S.Pd,. Senin (12/08/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.