Program Padat Karya Terus Digeber Dinas PU Pengairan Banyuwangi untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

by -292 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi terus menggiatkan program padat karya untuk mendukung sektor pertanian dan pemeliharaan infrastruktur irigasi.

Hal ini terbukti dari kegiatan penyerahan bantuan peralatan padat karya kepada kelompok tani di Daerah Irigasi Setail Atas Kecamatan Genteng, Senin (5/8/2024).

iklan aston

Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Ir. Guntur Priambodo, bersama Koordinator Sumber Daya Air (Korsda) Wilayah Genteng secara langsung menyerahkan bantuan tersebut. “Program padat karya ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus melibatkan masyarakat dalam pemeliharaan saluran irigasi,” ujar Guntur.

Program ini dirancang dengan dua tujuan utama, yakni meningkatkan pendapatan petani melalui pekerjaan tambahan dan menjaga keberlanjutan infrastruktur irigasi. Dengan peralatan yang diberikan berupa cangkul, sekop, sepatu boot dan gerobak dorong, petani diharapkan dapat lebih efektif dalam membersihkan saluran irigasi dari endapan sedimentasi.

“Kami akan terus menggeber program padat karya ini di berbagai wilayah Banyuwangi. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memajukan sektor pertanian dan memberdayakan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Perlu diketahui, tahun 2024 ini program padat karya yang dicanangkan Dinas PU Pengairan menyasar 2.400 pekerja yang sebagian besar adalah petani setempat di 80 titik lokasi yang tersebar di 7 Korsda.

Inisiatif ini pun mendapat sambutan positif dari masyarakat petani. Mereka menyatakan bahwa program ini tidak hanya membantu dari segi ekonomi, tetapi juga meningkatkan rasa kepemilikan terhadap infrastruktur irigasi di wilayah mereka.

Dinas PU Pengairan Banyuwangi berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas program padat karya sebagai bagian dari strategi pembangunan berkelanjutan di sektor pertanian dan pengelolaan sumber daya air.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.