Kopi Robusta Banyuwangi Menuju Status Indikasi Geografis

by -2604 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kopi robusta Banyuwangi yang terkenal dengan cita rasanya khas kini sedang dalam proses verifikasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk memperoleh status Indikasi Geografis (IG).

IG merupakan tanda yang menunjukkan asal suatu produk berdasarkan faktor lingkungan geografis, baik alam, manusia, atau kombinasi keduanya. Dalam konteks kopi, IG berfungsi melindungi identitas kopi suatu daerah dan memastikan hanya kopi asli dari daerah tersebut yang dapat menggunakan nama terkait.

iklan aston

Tim Kemenkumham yang dipimpin oleh Djoko Soemarno, Tim Ahli IG Dirjen Kekayaan Intelektual, melakukan verifikasi lapangan di Banyuwangi selama tiga hari, mulai 30 Juli hingga 1 Agustus 2024. Mereka akan mengunjungi sentra perkebunan kopi di Kecamatan Kalipuro, Songgon, dan Kalibaru.

“Semua dokumen pendaftaran IG telah memenuhi persyaratan. Kunjungan ini bertujuan untuk verifikasi lapangan,” ujar Djoko saat bertemu Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, pada Selasa (30/7/2024).

Verifikasi mencakup pemeriksaan kesesuaian proses penanaman hingga pengolahan kopi dengan kaidah berkebun yang baik, seperti tercantum dalam dokumen pendaftaran. “Kami akan memeriksa jenis dan varietas kopi, cara tanam, perawatan, panen, pengolahan, hingga pemasaran,” jelas Djoko.

Bupati Ipuk menyatakan bahwa pendaftaran IG untuk kopi robusta Banyuwangi merupakan upaya pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan hukum bagi produsen kopi sekaligus meningkatkan nilai tambah produk di pasaran.

Saat ini, luas perkebunan kopi di Banyuwangi mencapai 15.000 hektar, mayoritas merupakan perkebunan rakyat. Pemerintah daerah terus mendukung promosi kopi lokal melalui berbagai acara tahunan seperti Festival Ngopi Sepuluh Ewu dan Banyuwangi Coffee Week Festival.

“Kami berharap indikasi geografis nantinya dapat berkontribusi pada peningkatan pemasaran produk kopi lokal,” pungkas Ipuk.

Setelah verifikasi lapangan, akan dilakukan sidang penetapan oleh 15 tim ahli IG untuk menentukan status akhir Indikasi Geografis kopi robusta Banyuwangi.////////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.