Danramil Kalipuro Sosialisasi Taman Bumi di Pantai Cacalan

by -590 Views
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Kabupaten Banyuwangi yang ditetapkan sebagai wilayah Taman Bumi (geological park) mendapat dukungan Danramil Kalipuro Kapten (inf) Heriyadi bersama Forkopimka Kecamatan Kalipuro dengan melakukan kegiatan Sosialisasi Ijen Taman Bumi bertempat di wisata pant Cacalan, lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro.

Dalam kegiatan ini  dihadiri setidaknya 35 masyarkat sekitar dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan Covid19.

iklan aston

Kabupaten Banyuwangi sendiri ditetapkan sebagai Taman Bumi Nasional terdiri dari tiga situs yang telah ditetapkan sebagai Taman Bumi Nasional yakni Api Biru (Blue Fire) di Gunung Ijen, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, dan Pulau Merah.

Konsep Taman Bumi sendiri adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi, termasuk nilai arkeologi, biologi dan budaya yang ada di dalamnya dan mengajak masyarakat setempat untuk memiliki peran melindungi dan meningkatkan fungsi  alam agar tetap asri.

lebih jauh menurut peneliti Ahli Utama Pusat Survei Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Hanang Samodra mengatakan Banyuwangi memiliki kekayaan geologi yang luar biasa dan lengkap sumber daya alamnya.

Sementara itu Kapten Inf Heriyadi Danramil mengungkapkan wisata Gunung Ijen merupakan kawah dengan air asam terbesar di dunia juga yang lebih menarik memiliki fenomena api biru yang begitu angun dan indah.

“Kabupaten Banyuwangi sangat luar biasa eksotik adanya Gunung Ijen dengan api biru yang indah yang begitu dicari wisatawan asing ataupun domestik dengan akses pendakian yang mudah ditambah lagi perjalanan ke kawah juga ditemani suasana yang menarik dengan alam yang masih terjaga,” ujarnya.

Wartawan: Noviansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.