Kurang Perhatian Menyebabkan Beberapa Atlet Banyuwangi Eksodus ke Daerah Lain

by -3318 Views
Wartawan: Nurhadi
Editor: Herry W. Sulaksono
Para atlet peraih medali dalam Poprov VIII Jatim 2023 saat pemberian reward di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi
iklan aston

Banyuwangi, seblang.com – Reward yang diberikan oleh pemerintah Banyuwangi dari sisi nilai tidak bisa dibandingkan dengan kabupaten/kota lain. Tetapi jauh dari daerah-daerah lain dan penyebabnya tidak diketahui. Kemungkinan  terkait dengan kemampuan anggaran Pemkab Banyuwangi atau memang sebesar itu pemkab mengalokasikan dana untuk olahraga.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Samsul Arifin, orangtua Chelsea Putri Mairera Sensa , atlet bulutangkis peraih medali perak Ganda Putri Porprov VIII Jawa Timur (Jatim) tahun 2023 yang digelar di Kabupaten Sidoarjo pada saat penyerahan reward peraih medali Poprov Jatim di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi.

iklan aston

“Kalau daerah lain rewardnya kemarin lumayan lah sama Banyuwangi. Terus untuk persiapan mereka jauh-jauh hari sudah disiapkan dan kesejahteraan atlet diperhatikan,” ujar mantan penjaga gawang (Goal Kepper) Persewangi Banyuwangi itu.

Samsul menuturkan berdasarkan pengalaman pribadi putrinya tiga kali ikut Porprov Jatim dan yang terakhir menyumbangkan medali perak kondisi yang ada jauh dari kata layak.

Menurut Samsul apabila kondisi yang ada tidak segera diperbaiki tidak menutup kemungkinan akan terjadi perpindahan atlet atau eksodus ke kabupaten/kota lain. Karena sudah ada beberapa atlet Banyuwangi diambil daerah lain.

Dia mencontohkan beberapa pesepakbola putri Banyuwangi yang sudah ditarik daerah lain dan tidak menutup kemungkinan diikuti oleh atlet cabang olahraga (Cabor) lain.

“Jadi semuanya sekarang kembali lagi keseriusan KONI, cabor dan pemerintah daerah. Sebenarnya Banyuwangi banyak potensi cuma kendalanya dari sisi penganggaran dan kesejahteraan atlet yang kurang diperhatikan,” tambah Samsul.

Lebih lanjut dia menambahkan masalah yang terjadi menjadi pembelajaran bagaimana  ke depan pemerintah daerah, KONI dan pihak terkait yang lain bisa bersinergi.

”Bagaimana caranya olahraga Banyuwangi mampu menunjukkan eksistensi dan kemajuan. Saya rasa semakin lama perhatian terhadap dunia olahraga kurang banget dibandingkan bidang lain. Kembali lagi ke pemkab  mau peduli apa tidak terhadap olahraga di Banyuwangi,” pungkas Samsul.

Adapun catatan prestasi Chelsea Putri Mairera Sensa dalam beberapa tahun terakhir antara lain; Juara 2 Ganda Putri Porprov VIII Jawa Timur tahun 2023, Juara 3 Women Doubles U-19 PJR Junior International Series tahun 2022, Juara 1 Ganda Remaja Putri U-17 Daihatsu Astec di Medan tahun 2020.//////

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.